Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Petani Pati Terima Bantuan Alsintan

Bupati Pati Haryanto bersama Firman Soebagyo dari komisi IV DPR RI, serta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Muchtar Effendi menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani se-Kabupaten Pati. Mereka hadir didampingi oleh kepala desa mereka masing masing.

Bantuan alat Alsintan ini, menurut Kepala Dinas Pertanian, bersumber dari APBN tahun 2017. "Alsintannya diserahkan kepada 120 kelompok tani, terdiri atas 51 unit alat traktor roda dua, sepuluh traktor roda empat, 51 pompa air dan 8 transplanter atau mesin tanam", terang Muchtar Effendi.

Meskipun pengadaannya ikut tahun 2017, namun Alsintan tersebut baru bisa diserahkan Januari 2018. "Itu karena ada beberapa hal yang dipertimbangkan dan perlu dilengkapi oleh masing-masing kelompok tani terutama masalah administrasi. Selain itu Alsintan yang dikirim ke Pati  kondisinya belum dirakit", imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan apresiasinya pada DPR RI yang telah mengalokasikan bantuan Alsintan ke Kabupaten Pati.  "Pemilihan Kabupaten Pati ini sudah betul dan pas karena Pati memang sentra produksi pertanian,  selain itu saat ini merupakan waktu yang tepat karena kemarin juga baru saja ada program pensertifikatan tanah dengan harga murah melalui program PTSL, dan sekarang gantian dapat bantuan alat pertaniannya", terang Haryanto.

Meski demikian,  Bupati  juga memahami kebutuhan petani saat ini memang lebih kepada mesin combi dan alat pengering. Karena dengan cuaca penghujan seperti ini, tidak jarang turut memengaruhi hasil produksi para petani.

Haryanto berharap dengan adanya program-program seperti ini, para petani dapat termotivasi untuk meningkatkan hasil pertaniannya, baik itu padi, jagung, kedelai, maupun komoditas lainnya.

Kepada para penerima bantuan, Bupati berpesan agar para petani di Kabupaten Pati dapat lebih serius dan bersungguh sungguh dalam mengelola pertanian terutama setelah diserahkannya bantuan ini. "Dengan bersungguh-sungguh, maka otomatis hasil pertanian di Kabupaten Pati akan meningkat, baik dari segi kualitas maupun dalam jumlah tonasenya", pungkas Haryanto. (fn4 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar