Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Banjir di Desa Babalan, Puluhan Hektar Sawah Ikut Terendam

Hujan deras yang mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Pati beberapa hari terakhir mengakibatkan banjir di beberapa daerah. Diantaranya di desa Babalan kecamatan Gabus, puluhan rumah dan puluhan hektar sawah milik petani terendam banjir. Curah hujan yang terlalu tinggi mengakibatkan 40 hektar padi yang siap panen terendam banjir. Padi siap panen milik petani desa itu mengalami gagal panen dengan kerugian ditaksir lebih dari 40 juta rupiah.

Lima rumah di RT 2/ RW 2 desa Babalan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 20 cm. Sementara itu 40 hektar sawah petani ketinggian air mencapai satu meter lebih. Kondisi padi tua yang siap panen memaksa petani harus memanen padinya lebih dini.

Ngasimah salah satu petani di desa setempat mengatakan, masa panen padi kurang satu minggu lagi. Namun petani terpaksa harus memanen padi yang sudah terendam meskipun harus menggunakan sampan. "Walaupun pakai getek (sampan.red), panen ini tetap dilakukan agar tidak mengalami kerugian lebih banyak," jelas Ngasimah.

Nining sudaryati kepala desa Babalan mengungkapkan, meskipun banyak areal sawah petani dan rumah warga terendam banjir namun untuk fasilitas umum saat ini masih aman. Ia berharap pemkab bisa memberikan bantuan kepada warganya.

"Pihak desa dan sejumlah warga harus terus memantau debit air untuk meningkatkan kewaspadaan kalau sewaktu-waktu debit air naik," ujarnya. (Po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar