Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Melacak Jejak Karakter Bangsa

Cinta tanah air juga menjadi salah satu sikap wajib dari bangsa kita yang tidak hanya diwujudkan pendahulu kita dengan berperang melawan penjajah akan tetapi bisa diimplementasikan dengan melaksanakan tata aturan hukum yang ditetapkan. Sikap semaunya sendiri dalam bertindak dan melanggar hak orang lain yang saat ini kerap ditunjukkan sejumlah kelompok dalam masyarakat bisa dipastikan bertentangan dengan nilai-nilai kesetiakawanan serta toleransi yang seharusnya menjadi landasan moral bagi bangsa kita.
Bisa jadi banyaknya peristiwa menyedihkan yang dialami bangsa ini merupakan lampu kuning bahwa kepribadian kita sebagai bangsa ber-Pancasila kian melemah. Usaha-usaha menumbuhkan kembali karakter bangsa harus digalakkan dengan langkah nyata di masyarakat tidak hanya slogan dan kampanye.
"Cinta tanah air juga menjadi salah satu sikap wajib dari bangsa kita yang tidak hanya diwujudkan pendahulu kita dengan berperang melawan penjajah."
Gaung pembangunan karakter kebangsaan kembali disuarakan pemerintah. Setelah sebelumnya oleh Presiden Soekarno pada 1960-an dengan berdikari -berdiri dengan kaki sendiri- sebagai ruh yang dimaknai sebagai bangsa yang mandiri dan tidak mudah tergantug dengan bangsa lain.
Kalau memang kemandirian merupakan salah satu karakter yang dimiliki bangsa Indonesia tentu saja semua elemen masyarakat harus bangkit dan berkembang. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan bisa terpenuhi sendiri oleh bangsa kita. Di samping itu juga harus ditumbuhkan kesadaran untuk peduli dan mencintai apa yang dihasilkan bangsa ini, tidak malah menjadikan produk luar sebagai kebanggaan.

sumber ilustrasi gambar: ruangpsikologi.com

0 Komentar

    Tambah Komentar