Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Sehat Dengan Teknik Pernafasan

Manusia memerlukan oksigen dalam darah agar sistem metabolisme tubuh berjalan lancar. Selain itu juga untuk menjaga setiap sel agar berfungsi normal. Pernafasan juga membantu proses pembentukan tenaga dari proses pencernaan makanan. Pernafasan juga membantu proses perbaikan sel-sel yang rusak sehingga pada kasus yang berat pernafasan mampu membantu pengobatan akibat adanya sel yang rusak dalam tubuh seperti cedera, stress, badan pegal-pegal dll.

Untuk menjalankan aktivitas dengan baik kita meerlukan stamina yang prima. Stamina yang menurun ditandai dengan badan yang lemah, lesu dan cepat lelah. Hal ini bisa disebabkan oleh kelelahan fisik seperti kurang tidur, pola makan tidak sehat, kurang istirahat dan kelelahan emosional seperti jenuh, stres dan depresi. Dan pernafasan yang baik akan memberikan asupan oksigen yang cukup sehingga anda lebih mudah mengenali tubuh anda. Apakah anda akan langsung sehat dengan teknik pernafasan yang baik?. Tentu tidak, teknik ini hanya akan memberi stimulus pada anda untuk mengenal masalah dalam diri anda lalu mencari solusinya.

Teknik pernafasan:

1. hiruplah udara sebanyak-banyaknya saat pagi hari sambil berpikir dan berkata bahwa anda orang yang paling beruntung pagi ini dan bersyukurlah. Latihlah teknik ini minimal 11X.

2. Hindari bernafas terlalu cepat.
Bernafas terlalu cepat biasa terjadi saat marah, jengkel, terburu-buru, takut, gugup, olahraga berlebihan atau beraktivitas berat. Latihlah pernafasan anda setenang mungkin. Beri waktu tubuh anda untuk menghirup udara hingga mengeluarkannya minimal setengah menit untuk setiap tarikan nafas.

3. Beri tempat yang cukup untuk udara pernafasan
jika kita terlalu kenyang, ruang untuk udara dalam lambung makin sempit. Lambung berisi tiga hal yaitu makanan, minuman dan udara. Jika makanan atau minuman kita terlalu banyak, udara akan terdesak. Pernafasan anda terganggu meski anda tidak menyadarinya. Volume udara yang anda hirup sedikit berkurang. Udara yang terdesak tidak mampu mengalir dengan baik ke setiap sel atau darah. Akibatnya anda akan menderita sakit lambung, redang pencernaan, mudah lelah, pusing atau mual.

4. Olahraga terratur
olahraga teratur akan melatih pernafasan anda. Mulailah dengan porsi latihan ringan yang tidak memberatkan pernafasan anda. Tanda anda merasa berat adalah nafas yang tersengal-sengal saat olahraga. Ini diakibatkan olehraga yang mendadak, tidak teratur dan langsung mengambil porsi berat. Jalan kaki adalah olahraga paling tepat untuk melatih pernafasan anda.

5. Disiplinkan ibadah anda
saat beribadah entah sholat, membaca al quran atau ibadah lain yang inti kegiatannya adalah kontemplasi, merupakan cara terbaik melatih pernafasan. Keadaan kontemplasi menstimulasi masuknya udara ke dalam sistem pernafasan secara teratur. Sel-sel tubuh juga dalam kondisi paling siap untuk melakukan regenerasi dengan mengganti oksigen lama dengan yang baru. Semua organ tubuh khususnya jantung, paru-paru dan otak menjadi organ yang paling diuntungkan dengan teknik ini. Mengapa? Karena keadaan kontemplasi memberi mereke rehat dari aktivitas yang terlalu berati . Tentunya ini akan anda capai jika keadaan daerah kontemplasi anda tenang, jauh dari kebisingan. Hal lain yang membantu proses ini adalah kesiapan anda untuk sejenak meninggalkan rutinitas dan hal-hal lain untuk masuk dalam situasi kontemplasi ini yang biasa disebut khusyuk.

Dengan melatih tiap hari teknik ini, pernafasan anda akan sangat optimal. Jika setiap hari sel-sel anda beregenegari dengan baik akibat asupan oksigen yang cukup maka segala penyakit akan menghindari, insyaAllah. Tentunya semua berpulang dari usaha anda untuk disiplin melatih pernafasan, mengikuti pola hidup sehat, mengelola stress dengan baik dan proaktif mendekat pada Tuhan, maka anda akan sehat. Selamat mencoba (ulfa_sidoarjo).

0 Komentar

    Tambah Komentar