Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

SEA Games Indonesia XXVI 2011, Pesta Olahraga Modern Terbesar di Asia Tenggara

Sea Games XXVI  dibuka pada 11 November dan berakhir pada 22 November yang diselenggarakan di dua tempat yaitu Palembang, Sumatera Selatan sebagai tempat pembukaan dan Jakarta.   Sea Games kali ini akan mempertandingkan 44 cabang olahraga dan memperebutkan 542 medali emas.
Bagi Indonesia keuntungan pelaksanaan SEA Games XXVI pada 11-22 November 2011 di provinsi Sumatra Selatan, selain kesempatan menjadi juaea umum sebagai tuan rumah adalah  sangat banyak manfaatnya bagi daerah. Dengan adanya pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut daerah ini memiliki fasilitas olahraga internasional. Kolam Renang Lumban Tirta Palembang akan dijadikan tempat pertandingan Polo Air SEA Games XXVI, sehingga mulai dilaksanakan uji coba.  Bahkan, di kawasan Jakabaring Palembang berdiri kolam renang berstandar internasional dengan peralatan canggih. Bukan itu saja, tetapi juga berbagai fasilitas olahraga bertaraf internasional di daerah ini menjadi bertambah
Sejarah
Asal-usul SEA Games berhubungan erat dengan Southeast Asian Peninsular Games atau SEAP Games. SEAP Games dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit, pada saat itu Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Tujuannya adalah untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan ASEAN.
Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaysia, Laos, Vietnam dan Kamboja (dengan Singapura dimasukkan kemudian) adalah negara-negara pelopor. Mereka setuju untuk mengadakan ajang ini dua tahun sekali. Selain itu dibentuk juga Komite Federasi SEAP Games.
SEAP Games pertama diadakan di Bangkok dari 12 sampai 17 Desember 1959, diikuti oleh lebih dari 527 atlet dan panitia dari Thailand, Burma, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos yang berlaga dalam 12 cabang olahraga.
Pada SEAP Games VIII tahun 1975, Federasi SEAP mempertimbangkan masuknya Indonesia dan Filipina. Kedua negara ini masuk secara resmi pada 1977, dan pada tahun yang sama Federasi SEAP berganti nama menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF), dan ajang ini menjadi Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara. Brunei dimasukkan pada Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara X di Jakarta, Indonesia, dan Timor Leste di Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara XXII di Hanoi, Vietnam.
Logo Sea Games 2011 yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Nomor 452 tahun 2010 tentang Logo Sea Games XXVI tahun 2011 dan Penggunaanya. Logo yang bergambar burung Garuda terbang diangkasa Indonesia itu secara fisik melambangkan kekuatan dan Kepak  sayapnya mempresentasikan kemegahan dan kejayaan.

0 Komentar

    Tambah Komentar