Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

BLU-kan Puskesmas Untuk Mudahkan Pelayanan Kesehatan

Seluruh Puskesmas di Kabupaten Pati akan menjadi Badan Layanan Umum (BLU), awal 2016 mendatang. Perubahan status tersebut, untuk memudahkan pelayanan kesehatan maupun pengelolaan keuangannya. Perubahan Badan Layanan Umum (BLU) ternyata tidak hanya kepada rumah sakit-rumah sakit milik pemerintah saja, kini seluruh Puskesmas di Kabupaten Pati dipersiapkan untuk berubah status menjadi BLU. Pada peresmian Puskesmas Rawat Inap Jakenan, Kamis siang kemarin, (12/11), Bupati Pati Haryanto mengatakan, 29 Puskesmas di Kabupaten Pati diberi kesempatan untuk mengelola kekuangan dan pelayanan kepada masyarakat dengan sistem BLU.
“Ini untuk memudahkan layanan masyarakat, sehingga kita tidak terlalu direpotkan dengan administrasi keuangan pengelolaannya itu. Sedangkan untuk masalah kesehatan, sudah kita tindak lanjuti dengan indikator-indikator angka kematian ibu, angka kematian bayi dan juga mulai hidup bersih, ini kan sudah. Jadi kita tinggal memaksimalkan upaya-upaya ini dengan cara-cara melalui Dinas Kesehatan maupun para medis / petugas kesehatan,” katanya.
Selain mengubah status Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum (BLU), Pemerintah Kabupaten Pati juga membangun Puskesmas Rawat Inap, minimal di setiap eks kawedanan. Tak lain untuk mendukung kemudahan masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan.
“Kita sudah membangun Puskesmas Rawat Inap, tahun ini ada dua, dan tahun depan akan ditambah lagi 2 sampai tiga Puskesmas serupa. Itu bentuk keseriusan kita dalam penanganan kesehatan,” jelasnya.

Perubahan status menjadi BLU itu, merupakan persyaratan dari Kementerian Kesehatan RI, yang harus ditindaklanjuti dan dipenuhi oleh seluruh Puskesmas.

sumber berita: pasfmpati.com

1 Komentar

    Tambah Komentar