Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

18 BUMDes Terima Bantuan Alsintan Kementerian Desa PDT RI

Kementerian Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal RI, memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada desa-desa yang memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kab Pati. Dari 6 Kab/Kota di Jawa Tengah,  Pati masuk daerah yang menerima bantuan tersebut, untuk menopang kecukupan dan ketahanan pangan.Bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Desa dan PDT RI ke Pemkab Pati, diberikan kepada 18 desa yang telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan menjadi desa penyangga pangan.

Usai penyerahan alinstan, Rabu pagi (23/12), Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Kab Pati, dr. Mukhtar, SIP, MM mengatakan, bantuan alsintan tersebut memang diprioritaskan kepada desa-desa yang telah membentuk BUMDes, yang hingga sekarang masih eksis, dan berada di daerah-daerah penyangga pangan.

“Mekanismenya nanti, pengelolaannya bantuan itu kepada Pemkab Pati. Jadi pengelolaannya disini, dan penggunaannya di desa, terfokus kepada BUMDes bersama. Sehingga mekanisme dan pelaporannya, desa nanti yang melapor kepada Bapermades,” kata dr. Mukhtar, SIP. MM.

Bupati Pati, Haryanto mengatakan, bantuan alsintan dari Kementerian Desa dan PDT RI ini, diberikan kepada BUMDes bersama atau gabungan BUMDes dari beberapa desa. Dengan pengelolaan antar desa terhadap bantuan yang diterima itu, kerjasama BUMDes bersama akan menjadi model percontohan di Indonesia.

“Ini sebagai contoh, karena yang mendapat bantuan ini di Jawa Tengah tidak semua Kab/Kota. Kemungkinan kalau pengelolaanya baik, tentu bantuan akan ditambah lagi,” tutur Bupati Pati Haryanto.

Karena Pemerintah akan tetap melakukan pemantauan terhadap bantuan yang diberikan itu, maka gabungan BUMDes atau BUMDes bersama, segera menunjuk seorang didalam BUMDes itu, untuk menjadi koordinator.  Sehingga penggunakan bantuan tersebut lebih maksimal, untuk mendorong petani meningkatkan produksi panen, dalam upaya percepatan pencapaian ketercukupan dan ketahanan pangan di Pati, sebagai dari penopang pangan di Jawa Tengah dan nasional.

sumber berita: pasfmpati.com

sumber ilustrasi gambar: sampit.prokal.co

0 Komentar

    Tambah Komentar