Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Dinkes Pati Kembali Ingatkan Warga Antisipasi Penyakit di Musim Penghujan

(Pati, Kota) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, mulai menyiapkan diri menghadapi munculnya penyakit di musim penghujan, seperti demam berdarah dan diare. Selain penyuluhan dan sosialisasi, juga antisipasi serta penyiapan kamar untuk merawat pasien di sejumlah rumah sakit. Dinkes mengingatkan warga untuk mewaspadai berjangkitnya penyakit demam berdarah dengue dan diare, saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan seperti sekarang ini.

Adapun Kepala Dinkes Pati, dr. Edi Sulistiyono, MM mengatakan, hingga saat ini warga yang terjangkiti demam berdarah dengeu (DBD), sudah mencapai lebih dari 800an orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Tapi upaya-upaya sudah kita lakukan, seperti sosialisasi kepada tokoh-tokoh masyarakat, Pemberantasan Sarang Nyamum (PSN), abatisasi, kemudian fogging apabila diperlukan kita akan lakukan juga,” kata dr. Edi Sulistiyono, MM.

Kepala Dinkes Pati megungkapkan, demam berdarah memang sekarang terjadi perubahan berjangkitnya, bukan lagi musiman. Bahkan sepanjang tahun ini, meski lebih lama kemaraunya, tapi banyak warga Pati yang terjangkiti demam berdarah.

“Ini kita rasakan tahun ini ya. Dengan musim kemarau yang cukup panjang justru ini juga banyak penampungan air yang karena ingin hemat air, justru menjadi tempat pertumbuhan nyamuk itu sendiri,” terangnya.

Sedang untuk penyakit lain yang mengikuti pergantian musim, warga juga diminta untuk menjaga kesehatan, terutama menjaga kebersihan diri, minimal cuci tangan dengan sabun sebelum mengkonsumsi makanan.

Sumber berita: pasfmpati

sumber ilustrasi gambar: health.diwarta.com

0 Komentar

    Tambah Komentar