Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Arpusda Pati Gencar Tumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Menumbuhkan minat baca terhadap anak harus dilakukan sejak dini. Pasalnya, di tengah kebudayaan masyarakat yang abai terhadap buku, tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak kedepannya.
Untuk itu, penyediaan buku-buku yang berkualitas di berbagai perpustakaan daerah maupun perpustakaan sekolah tentunya sangat penting agar anak lebih betah dalam membaca.
Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati, Suwanto bahwasanya anak-anak harus dituntun agar sejak dini mereka selalu gemar membaca. Sebab, kalau sejak kecil mereka tidak dikenalkan dengan dunia buku, khawatir nya nanti setelah besar justru dia tidak tertarik membaca buku.
“Untuk menumbuhkan minat baca anak-anak ini, kami sudah menyediakan buku-buku yang berkualitas dan disertai dengan gambar-gambar agar anak-anak betah saat membaca. Di rak pertustakaan juga sudah ada buku-buku khusus anak sehingga mereka bebas memilih,” ujar Suwanto, Senin (31/10).
Disamping itu, penguatan minat baca kepada anak ini juga dilatarbelakangi semakin tingginya anak-anak yang datang ke Arpusda Pati setiap harinya. Bahkan kalau dilihat dari buku tamu, per hari rata-rata paling banyak pengunjungnya adalah anak sekolah, dan sebagian orang dewasa yang keperluannya untuk membaca koran.
“Kalau dilihat dari buku tamu, rata-rata memang anak sekolah yang sering datang ke Arpusda ini. Sebagian dari mereka juga meminjam buku yang berupa buku-buku penunjang belajar, komik, novel dan lain sebagainya,” tambahnya.

0 Komentar

    Tambah Komentar