Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Alasan Ini Sering Dijadikan Sebab Buruknya Kinerja Satpol PP


PAPARAN: Kepala Satpol PP Jateng Sinoeng Nugroho Rachmadi saat memaparkan kinerjanya pada pansus LPJ Gubenur Tahun Anggaran 2016 di Gedung Barkorwil, beberapa waktu yang lalu.

PATI-Kurangnya personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bukan menjadi alasan dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda). Sehingga nantinya membuat kinerja Satpol PP menjadi buruk, dan akhirnya penegakan Perda tak maksimal.

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Sinoeng Nugroho Rachmadi mengatakan, kurangnya personil menjadi masalah klise setiap tahunnya. Akan tetapi, jika kekurangan personil Satpol PP di tiap kabupaten, kepala satpol dapat melakukan BKO atau minta bantuan.

“Itu jangan dijadikan alasan pembenaran, nantinya akan menjadi citra buruk bagi satpol PP. lakukanlah yang bisa dilakukan dengan apa yang ada itu terlebih dulu,”ungkapnya saat di gedung Barkorwil Karisidenan Pati, beberapa waktu lalu. 

Jika memang merasa kekurangan petugas Satpol PP, dapat meminta bantuan pada petugas Satpol PP kabupaten lainnya. Seperti jika di Pati dalam penegakan Perda karaoke, toko modern, garam tak sesuai prosedur izin, satpol PP Pati dapat melakukan BKO dengan Kabupaten Kudus, Jepara, Rembang, Blora dan Grobogan.

“Jika memang tidak bisa menegakan perda dengan alasan kekurangan personil. Saya persilahkan untuk memberitahukan kami, nanti saya sendiri yang akan memberikan intruksi bantuan BKO untuk penegakan Perda. Hal itu memeng untuk kepentingan masyarakat, jadi harus dilakukan,”ujar Mantan Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jateng itu.

Lanjut, tidak tegasnya Satpol PP dalam penegakan Perda bukan masalah persoalan teknis kekurangan personil. Namun, karena persoalan kemauan Satpol PP untuk berkoordinasi dengan Satpol PP kabupaten lain. Langkah penegakan kedisiplinan ini bagian dari tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Satpol PP sesuai ketentuan dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru.

“Demikian juga jika ada masalah di Rembang, Blora, Jepara, Kudus dan Grobogan, Satpol PP Pati juga harus siap ikut membantu Penertiban. Ini kan demi kebersamaan dan kekompakan Satpol PP ke depan,” tegasnya. (HP/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar