Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Komunitas Harus Bersinergi Dengan Pemerintah


AKTIFITAS : Salah satu komunitas yang membagikan santunan ke anak yatim

WEDARIJAKSA - Pemerintah dan komunitas memiliki peran yang vital dalam pembangunan. Komunitas sebagai wadah dari masyarakat, bisa dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat. Sinergi yang dapat berjalan baik membuat pembangunan Pati kedepannya lebih baik. Sehingga pembinaan lebih bisa terarah.

Itulah yang diungkapkan Rodli Kurniawan Kasi Pemerintahan Desa Suwaduk, kemarin saat diwawancarai Humas Setda Pati. Menurutnya sinergi antar pemerintah perlu ditekankan. “Jadi warga ataupun komunitas dan sebagainya perlu sinergi yang baik. Agar bisa berjalan beriringan,” paparnya.

Ia menyatakan jika pembinaan pemerintah bisa berjalan, kedepannya akan lebih enak. “Seperti saat ini pembinaan juga saya lakukan dengan cara ikut bergabung bersama komunitas. Hal ini dilakukan sebagai upaya pembinaan agar komunitas tersbebut bisa berjalan sesuai koridor,”paparnya.

Suatu komunitas yang dibina dengan baik, akan dapat bermanfaat di masyarakat. Komunitas yang bersinergi dengan pemerintah bisa lebih terarah. “Komunitas sebagai wadah bisa terarah. Selain itu bisa diarahkan agar mampu produktif, misal dengan membentuk pengusaha-pengusaha baru dari komunitas tersebut,”ucapnya.

Hal ini dikarenakan, komunitas sebagai tempat bertukar informasi. Peluang-peluang membentuk usaha cukup terbuka. “Contoh saja komunitashandphone, orang yang awalnya tidak mengetahui bisnis di bidang tersebut bisa mendapatkan informasi dan sebagainya. Nah agar lebih terarah dan positif makanya perlu pembinaan,”paparnya.

Di satu sisi, Sutrisno selaku ketua komunitas “Ayo Berbagi Pati” mengungkapkan jika komunitas dapat dijadikan wadah untuk membagikan hal positif. “Suatu komunitas dengan pembinaan yang baik bisa menjadi tonggak untuk menebar hal positif di masyarakat,”tambahnya. (HP/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar