Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

UMKM Jangan Takut Manfaatkan KUR


MEMBATIK : Salah satu pekerja Batik Bakaran yang sedang membuat batik pesanan konsumen di Desa Bakaran Kulon
 

JUWANA - Ketertiban administrasi merupakan salah satu syarat agar bank mau mengucurkan dananya. Sehingga perlu penyadaran ke tiap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tentang pentingnya tertib administrasi. Selain itu masyarakat bisa manfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk memajukan usahanya.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinkop & UMKM Pati, Slamet Singgih Purnomojat. Ia mengakui jika biasanya mereka lemah dalam pembukuan. Hal tersebut yang membuat bank terkadang tidak mengeluarkan pinjaman.

Ia juga menyoroti pentingnya dibentuk koperasi. Ia mencontohkan batik bakaran Juwana yang saat ini sedang berproses membentuk koperasi. “Saat ini kan Batik Bakaran masih berupa paguyuban. Jika dikembangkan menjadi koperasi bisa bermanfaat. Namun, saat ini terkendala SDM yang mau mengurus koperasi, sehingga hingga kini belum terbentuk, masih proses,” ujarnya.

Lewat koperasi beberapa keuntungan didapat. Kualitas antar pengusaha bisa sama, ada standarisasi, pemasaran lebih baik, suplay bahan baku lebih mudah didapat, keuntungan yang didapat juga lebih besar.

Di lain pihak Elly Fina Muthohar selaku mantri atau pemrakarsa kredit BRI menyatakan jika pihak UMKM perlu memaksimalkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“KUR kelebihannya banyak seperti bunga rendah hanya sembilan persen pertahun dan asal punya usaha tetap bisa,” ungkapnya.

Selain itu prosedurnya cukup mudah. Masyarakat yang memiliki usaha bisa ajukan kredit. Yang terpenting pihak UMKM memiliki usaha yang sehat dan lancar. “Biasanya memang yang dilihat adalah laba kotornya, omset, harga pokok produknya dan lainnya. Nantinya kita akan analisis,” ucapnya. (HP/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar