Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Cuaca Tak Menentu, Produksi Garam Anjlok


HASIL MINIM : Sejumlah petani garam saat berada di gudang penyimpanan garam.
 

KOTA – Hingga saat ini, sebagian besar petani garam masih membiarkan lahan tambak mereka menganggur dan enggan memproduksi garam. Hal ini tak lepas dari pengaruh iklim kemarau basah yang terjadi sejak tahun lalu, yang membuat produksi mereka anjlog.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kabupaten Pati Sujono mengatakan, petani memang masih enggan untuk memulai produksi. Pasalnya, para petani enggan untuk berspekulasi di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu ini.

“Memang banyak petani garam yang meliburkan aktifitas harian mereka. Karena jika memaksakan diri untuk memproduksi garam, hasilnya kurang bagus sehingga potensi kerugiannya juga cukup besar,” katanya, kemarin.

Produksi garam para petani ini memang sangat bergantung pada cuaca. Ketika cuaca baik, para petani pasti akan memulai produksi. Namun dengan kondisi seperti ini, pihak dinas terkait juga tidak berani menganjurkan, kecuali cuaca sudah normal kembali.

Dengan kondisi iklim yang tidak bersahabat selama satu tahun terakhir ini, target produksi garam di Kabupaten Pati jauh dari memuaskan. Pasalnya, dari target awal sebesar 384 ribu ton, sampai Desember lalu hanya bisa tercapai sebanyak 16 ribu ton saja. Untuk tahun ini, targetnya juga masih sama.

“Namun kami masih menunggu kondisi cuaca untuk melakukan produksi garam. Karena kita tak bisa memprediksi kondisi cuaca,” katanya.

Imbasnya, stok garam di pasaran saat ini menipis. Sehingga menyebabkan harga garam terus melonjak. Bahkan saat ini, harga garam dari produsen sudah mencapai Rp 2 ribu per kilogram dari harga normal sebesar Rp 500an.

“Sambil menunggu cuaca kembali normal, kami sudah mengarahkan para petani untuk mempersiapkan segala keperluan produksi. Agar ketika cuaca panas datang, mereka bisa segera melakukan pembuatan garam,” pungkasnya. ( HP/FN/MK )

0 Komentar

    Tambah Komentar