Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Pati Peringkat 10 Nasional Kabupaten Berkinerja Terbaik


 
Kabupaten Pati menempati peringkat sepuluh dalam kategori kabupaten dengan kinerja terbaik. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan piagam dan plakat penghargaan kepada Bupati Pati H. Haryanto, SH, MM, M.Si, hari Selasa(25/4) di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo pada puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXI.

Prestasi Kabupaten Pati yang diperoleh dari penilaian Tim Nasional Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) atas pelaporan LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) Kabupaten Pati tahun 2015 itu, mengalami kenaikan peringkat secara signifikan tiap tahunnya. Semasa dipimpin oleh Haryanto sejak tahun 2012, Pati berturut- turut menempati peringkat 37, peringkat 33 (tahun 2013), peringkat 17 (tahun 2014) dan kini bertengger di peringkat 10 nasional.

Pada peringatan Hari Otda yang bertemakan "Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui e-Government" itu, Wiranto menyampaikan salam dari Presiden Jokowi kepada para tamu undangan Hari Otda. "Beliau tugasi saya bertemu saudara-saudara. Salam dari Presiden Jokowi buat saudara-saudara sekalian," kata Wiranto dalam sambutannya.

Wiranto menyatakan, pemerintah daerah (pemda) memiliki peran strategis dalam mewujudkan cita-cita Indonesia yang sejahtera. Dia juga mengingatkan pemerintah provinsi (pemprov) mempunyai peran penting mengkoordinasikam pembangunan daerah. "Meneruskan pesan Presiden, gubernur diminta melakukan koordinasi efektif dengan bupati dan wali kota di daerah masing-masing. Sinergi antara pusat dan daerah juga penting. Sinergi pemprov dan pemerintah kabupaten dan kota juga begitu," ujarnya.

Presiden juga menekankan agar setiap pemda memberi kemudahan dunia usaha demi pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan rakyat.

Dia menyatakan, pemerintah mengubah paradigma pembanguan dari Jawa sentris menjadi Indonesia sentris. Pemerintah terus membangun infrastruktur, khususnya desa pingggiran dan wilayah perbatasan. "Keinginan kuat ini sudah sepatutnya kita sambut dengan kerja keras," tegasnya.

Sementara dalam laporannya, Direktur Jenderal Otda Kemdagri, Sumarsono menjelaskan, pihaknya menekankan empat makna pokok tema Hari Otda. Pertama, pelaksanaan otda harus mampu meningkatkan pelayanan publik sesuai kepentingan masyarakat. Kedua, peningkatan pelayanan publik harus berbasis teknologi informasi, dan komunikasi atau e-government.

Ketiga, ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis e-government membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur pemerintah daerah. Keempat, peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis e- government bakal dapat mewujudkan tata kelola pemda yang baik dan aparatur pemda yang bersih.

Sumarsono mengungkapkan, saat ini terdapat 542 daerah otonom yang terdiri atas 34 provinsi, 415 kabupaten dan 93 kota. "Setiap pemda diwajibkan untuk meningkatkan kinerja. Manfaatkan seluruh potensi sumber daya daerah," ungkap Sumarsono.

Ditemui usai menerima penghargaan, Bupati menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang diraih Kabupaten Pati kali ini. Keberhasilan yang dicapai dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah pada Tahun Anggaran 2015 ini, menurutnya, diraih dengan cara yang tidak mudah. Berbagai upaya yang dilakukan tidak akan bermakna tanpa dukungan dan kerja sama segenap jajaran Pemerintahan Daerah dan masyarakat Kabupaten Pati.

“Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas keserasian komunikasi yang terjalin selama ini, antara Pemkab dan DPRD, serta kebersamaan warga masyarakat sangat mewarnai jalannya proses pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan di Kabupaten Pati. Mudah-mudahan hasil pembangunan yang telah dicapai dapat merata ke seluruh pelosok wilayah, serta menyentuh dan dapat dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat,”.

Kabupaten berkinerja terbaik tingkat nasional, diperoleh Kabupaten Sidoarjo. Disusul oleh Karanganyar, Kudus, Lamongan, Pinrang, Banyuwangi, Bantul, Probolinggo, Kuningan dan Pati.

Sementara untuk kategori kepala daerah berprestasi, diperoleh Gubernur Kalimantan Timur, Bupati Banyuwangi, Bupati Karananyar, Bupati Pati, Bupati Probolinggo, Walikota Bandung, Walikota Banjar, Walikota Gorontalo, Walikota Makassar, dan Walikota Sukabumi.

Demikian Humas Setda Pati mengabarkan.

0 Komentar

    Tambah Komentar