Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Salut, Desa Ini Targetkan Punya Pasar Wisata


BERBENAH : Kondisi Pasar Desa Beketel, Kayen yang ditargetkan sebagai pasar wisata kemarin.
 

KAYEN – Desa Beketel merupakan salah satu desa di Kecamatan Kayen yang berada di lereng Pegunungan Kendeng. Tempat yang berjarak 17 kilometer dari pusat Kota Pati ini memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Pasar Desa yang dikenal oleh masyarakat sekitar pasar hasil bumi. Karena pasar yang berdiri sejak 1963 ini menjual hasil pertanian oleh masyarakat setempat.

Kepala Desa Beketel Sutikno menjelaskan, Sebelumnya pasar desa sempat tidak dipergunakan untuk kegiatan jual beli. Namun setelah mendapatkan bantuan dari presiden untuk revitalisasi, pasar tersebut menjadi ramai. ”Sekarang menjadi tempat transaksi jual beli kebanggaan masyarakat sekitar,” jelasnya kemarin.

Ia berharap, adanya pasar desa bisa menjadi identitas desa. Terlebih tempat ini merupakan pusat perekonomian warga yang jauh dari keramaian. ”Kami optimis hal itu bisa terwujud karena pasar desa kami menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Jadi tidak harus jauh-jauh ke kota kalau hanya sekedar mendapatkan kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya.

Selain menjual kebutuhan sehari-hari, Pasar Desa Beketel juga menawarkan berbagai cita rasa kuliner khas dengan menu tempo dulu. Seperti nasi tewel, semur, kukus tempe, sambel trasi hingga nasi penyet dan beberapa menu lainya.

Kades juga menjelaskan, ke depan pasar desa bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Pemerintah Desa (PADes). Pasar desa bisa menjadi menjadi salah satu sumber menggali dana desa yang berasal dari retribusi. ”Yakni dari para pedagang dan penjual jasa yang beraktivitas di dalam dan sekitar pasar,” kata Sutikno.

Rencana, pasar ini akan terus dikembangkan dengan melengkapi fasilitas baik sarana dan prasarana yang dibutuhkan para pelaku pasar. Sehingga ke depan tempat ini tidak hanya sekedar menjadi transaksi jual beli saja. Namun bisa memberikan kesan setiap pengunjung sebagai tempat wisata.

”Tidak menutup kemungkinan kalau pasar kami bisa menjadi tempat wisata. Karena nantinya akan kami bangun fasilitas penunjang untuk pengunjung supaya betah berlama-lama untuk melakukan kegiatan jual beli. Kami sudah punya modal. Yaitu potensi alam yang sangat indah ada air terjun danau dan potensi alam yang lain,” harapnya. (HP/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar