Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Cegah DB, Warga Galakkan Bersih Desa


BERSAMA : Warga Desa Sembaturagung, Jakenan membersihkan selokan dan memotong rumput liar yang berada di sepanjang jalan kemarin.
 

JAKENAN – Sejumlah upaya dilakukan demi menjaga kesehatan, keindahan dan umur infrastruktur yang sudah dibangun. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Sembaturagung untuk mencegah menyebarnya kasus demam berdarah (DB) yang saat ini sedang mengancam warga. 

Hal ini juga bertujuan, agar warga juga menjaga kerukunan. Serta sebagai bentuk peran aktif warga dalam menjaga lingkungan disela pembangunan yang dilakukan dengan menggunakan dana desa (DD).

Kepala Desa Sembaturagung Dwi Tantri Purjayanti mengatakan, selain untuk mencegah penyebaran nyamuk, kegiatan ini bertujuan untuk membangun kerukunan atar warga. Kegiatan kerja bakti ini selalu dilakukan oleh masyarakat di setiap RT setiap 40 hari sekali.

”Kasus DB saat ini sudah mulai ditemukan. Untuk itu kita juga berusaha mencegah penyakit akibat nyamuk tersebut menyerang warga kami. Yakni dengan membersihkan lingkungan yang berpotensi sebagia sarang nyamuk.

Ditambahkan, untuk kerja bakti kali ini dilakukan oleh warga RT 07 RW I. Dan untuk kerja bakti di warga lain, nantinya menyesuaikan kesiapan warga untuk melaksanakan kerja bakti.

Pada kesempatan tersebut, Ketua RT 7 Duremi juga mengatakan, kegiatan ini bisa berjalan karena tidak lepas dari kemufakatan warga pada rapat di tingkat rukun warga (RW). Karena dari hasil rembung warga bersama pemerintah desa bisa menjadikan kegiatan bersih-bersih secara berkala.

”Kami juga sangat berterimakasih kepada kepala desa karena sering terlibat dalam acara seperti ini. Dan perlakuan demikian semakin menambah semangat kami untuk menjaga lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Warga mengaku, merasa senang dengan adanya kerja bakti yang dilakukan setiap 40 hari sekali ini. Sebab kegiatan ini, juga dijadikan sebagai ajang untuk bercanda tawa kepada warga lain sembari melakukan bersih-bersih rumput liar ataupun melakukan pembersihan sampah-sampah lainnya.

”Selain lingkungan bersih, kegiatan seperti ini juga menjadi ajang mempererat kebersamaan antar tetangga,” ungkap Ngatini warga RT 7 RW I Dukuh Gangmalang desa setempat. ( HP/FN/MK )

0 Komentar

    Tambah Komentar