Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Leang-Leong Ramaikan Haul Syekh Jangkung


RAMAI : Atraksi leang-leong turut meramaikan kirab dalam rangka memperingati Haul Syekh Jangkung di Desa/Kecamatan Kayen kemarin. 
 

KAYEN – Dalam rangka memeringati haul Syekh Jangkung atau yang dikenal Saridin diramaikan sejumlah acara. Kirab budaya yang digelar diantaranya arak-arakan warga, drum band dan sejumlah atraksi. Namun yang menarik perhatian adalah turutnya leang-leong dalam kirab tersebut. Praktis, hal tersebut menyedot perhatian warga yang menonton kegiatan haul tersebut.

Siswoyo, babinsa Desa Kayen mengatakan, acara kirab kali ini diikuti oleh beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Kayen. Acara yang dimulai pukul 13.00 mampu menyedor perhatian warga yang juga datang dari sejumlah daerah.

Selain itu, ada rombongan orang tua yang naik odong-odong. Odong odong ini terdiri dari 20 kelompok. Ditambah lagi ratusan siswa yang berasal dari sejumlah desa yang ada di Kayen. Dalam acara kirab itu ada atraksi dan barongsai.

”Kirab ini rutenya dari makam Syekh Jangkung dan kembali lagi ke lokasi makam. Mengelilingi jalan desa dengan jarak kurang lebih 5 kilometer. Turut juga mengamankan teman dari banser, polsek, dan koramil. Dan dari muspika ada 20 orang,” terangnya kemarin.

Sudarmono, panitian acara Haul Syekh Jangkung menambahkan, ada sekitar 20 orang panitia. Itu yang dari abdi dalem. Ditambah dari luar desa, jumlahnya tidak bisa dihitung. ”Adapun untuk nanti malam ada acara khataman dan rebana dari desa kami,” ujarnya.

Dikatakan, acara untuk memperingati haul Mbah Syekh Jangkung ini bakal berlangsung selama tiga hari. Dan puncaknya bakal digelar pengajian akbar. ”Acara kirab ini merupakan acara baru. Sebab tahun sebelumnya memang belum ada,” bebernya. (HP/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar