Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Menguntungkan, Petani Jakenan Pilih Tanam Kacang Hijau Dibanding Kedelai


MERAWAT: Sarpin sedang menyiangi rumput yang menganggu tanaman kacang hijaunya.
 

JAKENAN - Adanya pabrik kecap di Kecamatan Jakenan tak membuat petani setempat giat menanam kedelai, yang notabene bahan baku kecap. Mereka justru gemar menanam kacang hijau karena mudah perawatan dan bernilai jual lebih tinggi.

Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Jakenan Sri Suparni mengungkapkan, di Desa Tlogorejo pernah dilakukan uji coba penanaman kedelai di lahan seluas  80 hektare. Penanaman dilakukan pertengahan 2016 pada musim tanam ke tiga. Tetapi uji coba tersebut gagal karena intensitas hujan masih tinggi. Banyak tanaman kedelai layu dan mati.

“Perawatannya memang agak ribet, jika dibandingkan kacang hijau. Karena kan harus disiram, setidaknya tiga fase”, katanya. Harga jual kedelai saat panen di kisaran Rp 7.000 per kilogram, seedangkan kacang hijau mencapai Rp 13.000 per kilogram.

“Perbedaan harga, dan perawatan yang mudah itulah, menyebabkan petani Jakenan lebih menyukai menanam kacang hijau”, infonya. Sarpin petani warga Desa Tanjungsari RT 02/02 mengamini hal tersebut. Baginya, menanam kacang hijau jauh lebih menguntungkan dan hemat tenaga.

“Harga kacang hijau lebih tinggi dari pada kedelai. Cara penanaman kacang hijau lebih mudah, tinggal kita pendam di tanah dan tunggu sampai tumbuh. Kalau kedelai harus melakuan tiga kali penyiraman pada awal tanam, tumbuh tunas, dan akan berbuah”, katanya.

Sementara itu, Kardi seorang pengusaha kecap warga Bungasrejo RT 02/03 dan mendirikan pabrik di Jakenan mengeluhkan kurangnya pasokan kedelai, untuk bahan baku kecapnya. Ia mengaku terpaksa mendatangkan kedelai hitam dari Kediri dan Kebumen untuk memenuhi produksi.

“Saya memproduksi kecap setiap hari 1 ton kecap. Dan memerlukan bahan baku kedelai 8 ton tiap dua minggu”, katanya. Ia berharap petani di Jakenan mau menanam kedelai sehingga bahan baku kecap mudah di dapat. Jika dekat dengan bahan baku, ia yakin harga kecap akan semakin murah karena tidak memerlukan biaya transportasi yang tinggi. (HP/HP/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar