Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Jelang Keberangkatan, Calhaj Divaksin


IMUNISASI: Salah satu petugas Puskesmas sedang melakukan penyuntikan vaksin di salah satu ruangan Puskesmas Jakenan kemarin. 
 

JAKENAN - Semua calon jamaah haji (calhaj) diminta menjaga kesehatan jelang keberangkatannya. Pasalnya, dimungkinkan kondisi ketahanan tubuh menurun akibat riwayat penyakit yang diderita calhaj, seperti penyakit jantung dan hipertensi yang dapat menurunkan stamina calhaj ketika melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Di samping itu, pada kegiatan pemberian imunisasi meningitis dan influenza, calhaj diharapkan menjaga pola makan dan hidup sehat. Mereka dihimbau tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Sehingga saat pemberangkatan stamina calhaj tetap terjaga.

Kepala Puskesmas Jakenan, Ali Muslihin memaparkan, memang dimungkinkan untuk calhaj yang memiliki usia lebih tua memiliki kondisi fisik yang lebih tinggi dari pada calhaj yang muda.

“Kami menghimbau agar semua calhaj yang sudah terindikasi menderita hipertensi, penyakit jantung, gula, bronkitis dan penyakit metabolik lainnya agar menerapkan pola makan dan hidup sehat. Terutama yang sudah berusia lanjut, yang terhitung rentan terserang beberapa penyakit tersebut,” bebernya kemarin.

Lanjutnya, semua itu bertujuan ketika calhaj melaksanakan ibadah haji bisa melakukan semua prosesi dengan lancar. “Dan juga, calhaj agar mengkonsumsi obat-obatan yang telah ditebus dari apotek atau yang telah diberikan oleh pihak Puskesmas dan mengkonsumsi sesuai resep yang telah diberikan,” jelasnya.

Salah satu petugas yang melakukan vaksinasi pada, Sabtu (21/5) kemarin, Puji Astuti juga menambahkan, kegiatan imunisasi ini juga bertujuan untuk melindungi calhaj agar tidak tertular virus dari jamaah haji yang berasal dari negara lain. “Memang belum ditemukan kasus untuk penularan virus tersebut tetapi kami hanya melakukan pencegahan,” tambahnya.

Calhaj diingatkan untuk mempersiapkan semua barang yang diperlukan termasuk obat-obatan pribadi, seperti obat hipertensi yang harus diminum rutin. Serta untuk calhaj yang masih masa subur diingatkan untuk mengkonsumsi obat agar tidak mens saat melangsungkan ibadah haji kelak. (HP/HP/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar