Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Siswa SMP Dilarang Bawa Motor, Jasa Parkir Pasrah


BERJAJAR: Puluhan sepeda motor milik siswa SMP sedang terparkir di penitipan Desa Dukuhmulyo, Jakenan.
 

JAKENAN – Penyedia jasa parkir hanya bisa pasrah, saat pelarangan membawa kendaraan bermotor diterapkan pada siswa sekolah. Peraturan ini nantinya juga akan mengakibatkan menurunnya penghasilan pemilik jasa penitipan sepeda. Terutama di lokasi yang berdekatan dengan sekolahan.

Pemilik penitipan sepeda motor Ari warga RT 1 RW I Dukuh Sleko, Desa Dukuhmulyo mengungkapkan, dari penitipan sepedamotor saja pihaknya mendapat penghasilan tetap Rp100 ribu per hari. Sedangkan sepeda motor yang dititipkan adalah milik siswa SMP yang bersekolah di dekat penitipan tersebut.

”Jumlah per hari yang nitip di sini bisa sampai 200 sepeda motor. Kalau memang ada pelarangan membawa sepeda motor, kami juga harus menerima. Karena peraturan tersebut dikeluarkan dari pemerintah dan pihak kepolisian,” ujarnya.

Beberapa warga pun, diketahui setuju dengan pelarangan membawa kendaran bermotor. Karena peraturan tersebut dapat meringankan beban biaya sekolah yang harus di tanggung oleh orang tua. Mereka juga lebih tenang, ketika siswa berangkat atau pulang sekolah.

”Jadi tidak ada alasan lagi untuk pulang telat. Saya sering menemui anak saya keluyuran dengan temannya sepulang sekolah. Sebenarnya lebih senang ketika ada angkutan massal yang antar jemput anak ke sekolah,” beber Yeni, warga Desa Dukuhmulyo.

Ditambahkab, dengan peraturan larangan membawa ini diharapkan adanya penurunan tingkat kecelakaan. Karena siswa yang telat dan memacu kendaraannya secara ugal-ugalan untuk sampai ke sekolah.

“Larangan bagi siswa SMP ini karena kami juga tahu bahwa usia mereka belum berhak memiliki SIM. Sedangkan siapapun yang berkendara tapi tidak memiliki SIM, berarti melanggar lalu lintas,” tandasnya.

Rencananya, sejumlah polsek di Kabupaten Pati akan memberlakukan larangan membawa sepeda motor bagi siswa SMP. Berbagai upaya akan terus dilakukan pihak kepolisian guna menekan angka kecelakaan lalu lintas. Salah satunya dengan pelarangan tersebut.  (fn/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar