Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

germas2
 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menggelar Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yang diadakan di aula Pasar Pragola Kab. Pati pada hari Selasa tanggal 18 Juli 2017. Sosialisasi yang dihadiri perwakilan dari seluruh OPD Kab. Pati dan UPT Puskesmas Kab. Pati dibuka oleh Bpk Bupati Haryanto. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pola hidup sehat kepada seluruh elemen masyarakat Kab. Pati.

Pada sambutannya Bupati Pati menyampaikan bahwa Germas inisesuai  dengan Intruksi presiden Nomor 1 Tahun 2017. Tujuannya agar masyarakat tidak mudah terkena penyakit sehingga tercipta masyatakat yang sehat. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar”, tutur Bupati Pati.

Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bahwa kegiatan utama yang dilakukan GERMAS antara lain yaitu 1. Peningkatan aktifitas fisik, 2. Peningkatan perilaku hidup sehat dan bersib, 3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, 4. Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, 5. Peningkatan kualitas lingkungan dan 6. Peningkagan edukasi hidup sehat.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

0 Komentar

    Tambah Komentar