Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Ribuan Warga Pati Padati Parade Budaya 35 Kabupaten/Kota


 

Ribuan warga Pati, Rabu siang (26/7), memadati rute Parade Seni dan Budaya dari 35 Kontingen Jumbara Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Konsentrasi massa juga nampak di Alun-Alun Pati, dimana panggung kehormatan berdiri di jalan depan Gedung Mr Iskandar Pati. Acara menjadi kian meriah karena kehadiran kelompok seni lokal Pati sejumlah 30-an peserta.

"Mereka akan pawai dengan start dari depan Kodim dan finish di depan Kantor Bupati Pati", ujar Sarpan, pemrakarsa Parade Seni Budaya yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati.

Lebih lanjut, Sarpan menyampaikan bahwa parade budaya ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Jumbara dan Temu Karya Sukarelawan PMI Tingkat Jawa Tengah Tahun 2017 yang sudah mulai dilaksanakan sejak Sabtu (22/7) di Bumi Perkemahan Regaloh, Kecamatan Tlogowungu.

“Kebetulan ini juga sejalan dengan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati dalam upaya pelestarian dan pembinaan seni budaya daerah. Karena itu selain 35 kabupaten kota yang tampil, kami juga mengikutsertakan berbagai kesenian lokal Pati dari berbagai sanggar seni dan sekolah se-Kabupaten Pati”, terang Sarpan saat menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan kepada Bupati Pati.

Sarpan juga menyampaikan bahwa untuk kegiatan Jumbara secara keseluruhan diikuti oleh 3050 peserta dari 35 PMI kabupaten/kota se-Jateng. “Terdiri atas PMR Mula (Setingkat SD), PMR Madya (Setingkat SMP), PMR Wira (Setingkat SMA), Korps Sukarela (KSR), TSR (Tenaga Suka Rela), pendamping atau fasilitator, Sibat PMI (partisipan penanganan bencana dari masyaraka-red), Pendonor Darah Sukarela (DDS), dan juga dari TSR (Tenaga Suka Rela)", jelas Sarpan.

“Pelaksanaannya sudah dimulai Sabtu lalu, diawali technical meeting. Kemudian minggu sebagian kegiatan juga sudah diawali. Nantinya kegiatan ini akan berakhir pada hari Kamis 27 Juli”, imbuhnya.

Disampaikannya pula bahwa ada 33 kegiatan yang digelar. “Ke-33 kegiatan ini terbagi dalam empat komponen besar, yaitu Jumbara sebanyak 9 kegiatan, kegiatan temu karya ada 8 kegiatan, lalu kegiatan kontingen terdiri atas 14 kegiatan, kemudian kegiatan monitoring evaluasi sebanyak dua kegiatan, dan  parade seni budaya antar kontingen di Alun-Alun Kabupaten Pati yang merupakan kegiatan tambahan dalam Jumbara kali ini”, terangnya.                       

Sementara itu, Haryanto, Ketua PMI Cabang Pati yang juga merupakan Calon Bupati Terpilih 2017-2022 juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada PMI Se-Jateng yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Pati untuk menjadi tuan rumah Jumbara. "Rasa terima kasih itu ingin kami ungkapkan pula lewat parade seni budaya ini. Di sini kami memfasilitasi Kabupaten lain untuk saling memperkenalkan budaya khas daerah. Selain itu puluhan kelompok seni budaya lokal Pati juga kami berikan kesempatan untuk unjuk gigi", terang Haryanto.

Menurut Haryanto, kini sudah saatnya seniman Pati lebih dikenal di Jawa Tengah. "Kita tunjukkan bahwa Pati punya banyak kesenian khas", harapnya.

Pihaknya juga menyambut baik prakarsa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati untuk nguri-uri budaya melalui kegiatan ini. “Sebagai tuan rumah, Disdikbud Pati punya gagasan untuk menambahkan kegiatan parade seni dalam Jumbara PMI se-jateng ini.  Ya mudah-mudahan selain bisa untuk nguri-uri budaya juga sekaligus untuk menghibur masyarakat. Mari kita satukan kekuatan di kabupaten Pati, untuk guyub rukun, bersama kesenian kita bangun Pati bersama-sama”, ujar Bupati panjang lebar.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga membocorkan agenda pawai pembangunan yang akan diselenggarakan bulan depan. “Selain parade siang ini, pada tanggal 26 Agustus mendatang, akan ada lagi pawai pembangunan seni budaya se-Kabupaten Pati, dalam rangka hari jadi dan kemerdekaan RI”, ungkapnya.

0 Komentar

    Tambah Komentar