Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Seribu Merah Putih, Berkibar di Alun-alun Simpang Lima Pati.

 WhatsApp Image 2017-08-01 at 3.04.54 PM

 

Untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, dalam ranggka merayakan HUT RI ke-72 dan peringatan Hari Jadi Kota Pati Ke-694, tahun ini, Kabupaten Pati, mengibarkan seribu Bendera Merah Putih di Alun – Alun Simpang Lima Pati, Selasa (01/08/17).

Pemasangan seribu Bendera Merah Putih diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Bupati Pati, Bapak H. Haryanto, SH, MM, M.Si, serta dihadiri oleh Dandim 0718 Pati, Letkol Kav Andri Amijaya, Kapolres Pati diwakili oleh Kabag Ops Kompol Sundoyo, S.H, M.H, Kajari Pati, anggota DPRD Kabupaten Pati, Muspika se Kabupaten Pati dan perwakilan perangkat Desa Se-Kabupaten Pati.

Dalam acara pengibaran tersbut, Bupati Pati Haryanto mengimbau masyarakat untuk mewujudkan nasionalisme dan cinta tanah air dengan turut mengibarkan Bendera Merah Putih pada tanggal 1 Agustus ini,“Mari bersama kita semarakkan bulan kemerdekaan, mari kita kibarkan bendera mulai 1 Agustus ini, kita tunjukkan rasa nasionalisme dan kebanggaan kita atas kemerdekaan negara ini. Mari kita teruskan perjuangan para pahlawan, dengan terus berkarya,” himbaunya.

Dalam sambutannya, Bupati Pati juga mengatakan bahwa kegiatan ini adalah prakarsa yang bagus dalam mendasari surat edaran Kemendagri. diketahui bahwa pengibaran bendera ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI bernomor B-545/M.Sesneg/Set/TU/00.04/06/2017 mengenai Partisipasi Menyemarakkan Bulan Kemerdekaan untuk Aparatur Pemerintahan. Namun sesuai dengan himbauannya, kegiatan ini akan diteruskan ke desa-desa. Agar ikut serta menyemarakkan HUT RI dengan pemarangan Bendera Merah Putih.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Pati Kompol H. Sundoyo, S.H, M.H mewakili Kapolres Pati Akbp Maulana Hamdan, mengungkapkan bahwa pengibaran seribu bendera merah putih secara serentak ini adalah gagasan yang sangat cemerlang, Sebagai upaya menumbuhkan rasa nasionalisme di hati masyarakat.

1000 bendera yang telah dikibarkan ini, dikumpulkan dari 406 Desa di 21 Kecamatan seluruh Bumi Mina Tani, serta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pati. Dandim 0718/Pati, Letkol Inf Andri Amijaya Kusumah mengungkapkan, “Setiap desa mengirimkan 2 bendera kemudian ditambah 4 dari Organisasi Perangkat daerah (OPD) Pati, sehingga terkumpul 1000 bendera. Pengibaran ini sebagai upaya untuk meningkatkan nasionalisme masyarakat Pati khususnya,”. Beliau menambahkan agar seiring dengan perjalanan kemerdekaan Indonesia, beliau menghadapkan agar rasa nasionalisme masyarakat jangan sampai pudar. Persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga untuk bersama menjaga Kesatuan NKRI. “Tiang-tiang bendera yang dapat berdiri ini, menandai bahwa kami ini, baik TNI, Polri, Pemda dan masyarakat secara umum sudah semakin rapat. Sehingga, itu menjadi barometer untuk terus memupuk keakraban dan jalinan kesatuan dan persatuan,” tegasnya.

Rencananya, 1000 Merah Putih ini, akan berkibar berkibar hingga akhir Agustus, sesuai dengan surat edaran terkait, sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Hingga diturunkan pada tanggal 31 Agustus nanti, aparat berwenang akan tetap memantau kondisi seribu bendera tersebut secara berkala.

0 Komentar

    Tambah Komentar