Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Anggota Karang Taruna Lakukan Ini Untuk Cegah Abrasi

Eksistensi anggota Karang taruna di Kabupaten Pati, rupanya tidak hanya berkutat pada kemandirian pemuda desa di bidang ekonomi semata. Wakil Bupati Saiful Arifin selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati meminta anggotanya untuk aktif di bidang kelestarian lingkungan. 

Hal itu dapat dilihat dari partisipasi para anggota Karang Taruna Kabupaten Pati yang mengikuti aksi penanaman mangrove yg dilakukan di pesisir pantai desa Kertomulyo kecamatan Trangkil pada hari ini Sabtu (6/1). Selain anggota Karang Taruna, turut berpartisipasi dalam kegiatan ini diantaranya dari Muspika Kecamatan Trangkil, kalangan pelajar, masyarakat sekitar serta komunitas- komunitas peduli lingkungan yang ada di Pati. "Selain bertujuan menambah volume ruang terbuka hijau (RTH) di pesisir pantai juga untuk mengedukasi semua pihak akan pentingnya menjaga dan meningkatkan kualitas ruang terbuka khususnya di bibir pantai", demikian yang disampaikan Safin yang dihubungi melalui sambungan telepon siang ini.

Kendati berhalangan hadir dalam kesempatan itu, Safin meminta para anggota Karang Taruna untuk ikut serta merawat pohon mangrove sebagai tempat ekosistem ikan dan kepiting yang pada akhirnya bermanfaat untuk menambah nilai ekonomi masyarakat itu sendiri. "Selain itu juga manfaat mangrove sebagai pemecah angin dan benteng untuk mencegah abrasi di pesisir pantai", terang Safin.

Safin pun mewakilkan kegiatan ini pada Imam Rifai selaku Ketua Bidang Lingkungan hidup dan Pariwisata Karang Taruna Kabupaten Pati. Menurut Rifai selain pelestarian lingkungan alam kegiatan ini juga berkonsentrasi dengan visi misi pendidikan dan advokasi kepada masyarakat bilamana ditemukan kasus- kasus pengrusakan mangrove karena selama ini pengrusakan itu belum pernah tersentuh hukum. "Kami karang taruna siap berada di belakang masyarakat untuk pendampingan hukum apabila ditemukan kasus pengrusakan ini" tegas Rifai.

Sementara itu menurut Nugroho selaku ketua panitia kegiatan penanaman mangrove, ditargetkan akan menanam 10 ribu bibit mangrove oleh anggota Karang Taruna. "Sumber dana penanaman ini berasal dari APBD Kabupaten Pati serta CSR dari perusahaan- perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini",jelasnya. (Po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar