Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Tingkatkan Potensi Jollong, Pemkab Jalin Kerjasama dengan PTPN IX

Guna meningkatkan potensi objek wisata Jollong, Pemkab Pati menjalin kerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX. Dalam MoU yang ditandatangani kedua belah pihak ini, Pemkab mendapatkan hak sekaligus  juga kewajiban. "Kewajiban Pemkab adalah memfasilitasi jalan infrastruktur sedangkan hak Pemkab yaitu memperoleh retribusi 10%", terang Bupati Pati Haryanto di acara penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut, Senin (8/1).

Meski di awal masih merugi, Bupati berharap semua pihak terkait tetap semangat dalam mengembangkan wisata di Pati khususnya di Agrowisata  Kebun Jollong  tersebut.

"Yang jelas garis besar kesepakatan dalam MoU adalah untuk membangun kebersamaan dalam pengembangan wisata agro Kebun  Jollong sekaligus juga untuk meningkatkan pembangunan dan wisata daerah", terang Haryanto.

Dalam kesempatan ini Bupati Haryanto selaku kepala daerah juga mengatakan akan terus berusaha membuat Pati menjadi daerah tujuan wisata bukan sekedar untuk transit saja. "Kini wisata di Pati mulai ramai dikunjungi wisatawan seperti Kebun  Jollong ini yang pada tahun 2017 pengunjungnya telah mencapai 180 ribu wisatawan yang berasal dari dalam maupun luar daerah.

Selain menjadi agro wisata,  Kebun  Jollong  ini juga telah banyak menyerap tenaga kerja utamanya para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berasal dari desa-desa sekitarnya. "Tadinya di sini tak ada PKL namun kini sudah ada 70 PKL", terang Haryanto.

Menanggapi pernyataan Bupati, Direktur PTPN IX Kebun  Jollong  Iswahyudi  menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab yang telah mendukung kebun Jollong baik dari segi pariwisata maupun dalam hal pengembangan  tanaman perkebunan meski hasil untuk Pemkab sendiri masih belum seberapa dan cenderung merugi.

Dikemukakan Iswahyudi, bahwasanya Kebun Jollong memiliki lahan seluas 527,63 hektar dimana 16 hektarnya merupakan  tanaman buah naga dan sisanya dominan tanaman kopi dan sejenisnya. (fn4 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar