Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Catat ! Inilah Janji Para Pejabat Setda dalam Penggunaan Anggaran APBD 2018

Untuk menjawab tuntutan masyarakat yang semakin kritis, dan didorong kesadaran untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih sebagai sebuah keharusan, Sekda Pati Suharyono, pagi ini (9/1) di Ruang Rayungwulan melakukan kegiatan Penandatanganan Pakta Integritas sekaligus Penyerahan Buku APBD 2018 kepada para Kepala Bagian di Lingkungan Sekretariat daerah Kabupaten Pati.

Adapun isi pakta integritas itu, menurut Suharyono, merupakan janji untuk berperan aktif dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi, melaksanakan APBD dengan memegang prinsip efektif,efisien dan ekonomis, melaksanakan kegiatan sesuai dengan schedule, mempertanggung jawabkan setiap pengeluaran, memberi contoh kepatuhan terhadap undang-undang, serta tidak akan memberi menerima hadiah atau janji dari pihak lain yang dianggap melekat pada jabatan.

“Bila melanggar hal-hal tersebut, para Kabag  siap menerima sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, imbuhnya.

Dengan ditanda tanganinya pakta integritas oleh seluruh Kabag di lingkungan Setda Pati ini maka mereka dianggap sah dan sudah bisa menggunakan anggaran APBD tahun 2018.

Suharyono selaku Sekda Pati dalam amanatnya menyampaikan pesan yang dikemukakan oleh Bupati Pati Haryanto. “Segera lakukan dan laksanakan program-program yang telah direncanakan sekaligus dianggarkan dengan tetap mengacu pada rencana anggaran dan harus tepat sasaran. Jangan memaksa atau mengeluarkan uang APBD di luar rencana anggaran, serta jangan ada kegiatan yang menumpuk pada akhir tahun”, ujar Haryono menirukan amanat Bupati.

Terkait dengan APBD 2018, Haryono menyampaikan beberapa kriteria yang harus dijadikan dasar dalam melaksanakan administrasi keuangan daerah, salah satunya adalah keharusan untuk memakai Standar Akuntasi Keuangan yang berbasis Akruel.

Selain itu, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah kepatuhan pada peraturan perundang-undangan dan sistem pemerintahan. “Kita harus mengelola keuangan daerah dengan penuh tanggung jawab dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Mari kita kita upayakan agar pengelolaannya selalu  mentaati peraturan yang ada”, pintanya di hadapan para staf ahli, para Asisten Sekda, dan seluruh seluruh Kabag di lingkungan Setda Kabupaten Pati. (fn4/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar