Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Kayen, Pesona Wisata Alam di Pati Selatan

Kayen merupakan kecamatan yang berada di wilayah selatan kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kecamatan ini sebagai jalan penghubung antara Kabupaten Pati dan kabupaten Purwodadi.

Beberapa desa yang ada di wilayah kecamatan Kayen diantaranya ada 17 desa yaitu Beketel, Boloagung, Brati, Duren Sawit, Jatiroto, Jimbaran, Kayen, Pasuruhan, Pesagi,Purwokerto, Rogomulyo, Slungkep, Srikaton, Sumbersari, Sundoluhur, Talun, dan Trimulyo.

Dari sektor pertanian di kecamatan Kayen memiliki hasil yang cukup melimpah, luas area pertanian cukup besar disertai ketersediaan irigasi dan suburnya tanah merupakan beberapa faktor pendukung keberhasilan pertanian di kecamatan ini. Sebagai daerah pertanian, hasil bumi yang ada di Kayen cukup beragam, diantaranya padi, jagung, ubi-ubian, sayur mayur, buah- buahan. Sementara itu di sektor perikanan, kecamatan Kayen terkenal dengan produksi ikan air tawar, yang berpusat di desa Talun.

Melihat potensi pariwisata yang ada di kecamatan Kayen, dalam beberapa tahun ini berbagai tempat wisata terus berkembang dan semakin mempercantik diri. Beberapa area untuk wisata itu, seperti di Gua Pancur (desa Jimbaran), Bukit Pandang dan Lorotan semar (Duren Sawit), Makam Syeh jangkung dan Candi Miyono (desa Kayen) , pemancingan desa talun, dan lainnya.

Yuni salah satu pengunjung desa Guwo kecamatan Tlogowungu mengatakan, pariwisata di kecamatan Kayen sangat bagus dan tidak kalah dengan kabupaten lain. Seperti ikon wisata baru yang sedang hits, yaitu bukit pandang. Dimana keindahan alam kabupaten Pati dapat terlihat dari ketinggian Bukit Pandang. Pengunjung pun dimanjakan dengan sejumlah ikon untuk berselfie ria.

"Kedepan semoga pemerintah bisa menambah wahana dan permainan yang bisa lebih menantang di lokasi tersebut agar bisa memikat para pengunjung," harapnya saat ditemui di lokasi Bukit Pandang. (Po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar