Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Terpilih Implementasikan Kota Pintar, Bupati Pati Tanda Tangani MoU Smart City

MoUSMARTCITY

PATI - Bupati PATI Haryanto, menandatangani "Memoradum of Understanding" (MoU) dengan Kemenkominfo dalam rangka terpilihnya Kabupaten Pati sebagai salah satu dari 50 Kota/Kabupaten dalam Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua, Selasa (8/5/2018).

Gerakan Menuju 100 Smart City  merupakan program bersama antara Kemenkominfo dengan Kemendagri, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PAN & RB, Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, dan Kompas Gramedia,  dengan tujuan Pemerintah Daerah dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bersama 49 Kepala Daerah Kabupaten/Kota penandatanganan dilakukan di hotel Red Top, Jl. Pecenongan No.72, RT.2/RW.4, Kb. Klp., Gambir, Kota Jakarta Pusat. Penandatanganan ini menandai dimulainya rangkaian kegiatan yang bertujuan mendorong pemanfaatan teknologi dalam menjawab permasalahan sekaligus mendorong potensi di daerah masing-masing.

Pemilihan Kabupaten/Kota untuk mengikuti kegiatan ini dilakukan melalui seleksi dengan melihat berbagai parameter, seperti kondisi keuangan daerah, peringkat dan status kinerja penyelenggara pemerintah daerah berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, serta indeks Kota Hijau yang diterbitkan Kementerian PUPR.

Awalnya, 120 terpilih menjadi kandidat untuk mengikuti proses assesment di Jakarta. Kesiapan diukur melalui visi Kepala Daerah serta kelengkapan infrastruktur, regulasi dan SDM yang mengacu pada konsep pemerataan dan Nawa Cita.

Setelah penandatangan ini, daerah akan mendapatkan pendampingan guna menyusun master plan dan quickwin smarticty. Pendampingan dilakukan oleh akademisi dan praktisi smart city dari berbagai institusi seperti  Universitas Indonesia, ITB, Perbanas dan UMN. Master plan yang dihasilkan akan mencakup rencana pembangunan smart city di masing-masing Kabupaten/Kota dalam 5-10 tahun ke depan. Selain itu, setiap daerah juga akan memiliki program pintas yang hasilnya bisa dirasakan masyarakat dalam setahun ke depan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program smart city, hadir dalam kegiatan ini Ketua Komisi C DPRD H. Awi, SH, Sekda Ir. Suharyono, MM, Kepala Bappeda Ir. Pujo Winarno, MM, Kadiskominfo Indriyanto, SH, M.Si.

0 Komentar

    Tambah Komentar