Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

KSBN Pati Dikukuhkan

 
KSBN

PATI - Sri Puryono Karto Soedarmo Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang juga sebagai Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Jateng, melantik dan mengukuhkan Pengurus Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Pati masa kepengurusan 2018-2023 di Pasar Pragolo Pati, Jumat (11/5). Wakil Bupati Pati Saiful Arifin terpilih menjadi Ketua Umum KSBN Pati, sementara Sekda Pati Suharyono menjadi Ketua Harian.

Komite Seni Budaya Nasional (KSBN) merupakan organisasi yang mempunyai tujuan untuk mewujudkan peningkatan budaya bangsa Indonesia. “ mari membentuk karakter bangsa dan membangun negeri melalui sentuhan budaya”, kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah pada saat pengukuhan pengurus KSBN Kabupaten Pati.

Sri Puryono juga mengatakan pengurus KSBN Kabupaten Pati merupakan yang pertama dilantik setelah KSBN Jawa Tengah. Meski begitu, saat ini sudah terbentuk KSBN di 12 Kabupaten yang tinggal dilantik dan dikukuhkan. Dengan terbentuknya KSBN Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, diharapkan pemajuan seni budaya akan semakin cepat terlaksana seperti yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Adanya Undang-undang tersebut mengharuskan pemerintah melakukan upaya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, serta pembinaan. Sehingga dalam memajukan pembangunan daerah pemerintah tidak hanya fokus terhadap pembangunan fisik maupun ekonomi, tetapi juga harus melakukan pembangunan dari aspek seni budaya.
KSBN2

Sementara itu, Sekda Pati Suharyono mengatakan dengan dikukuhkannya KSBN Pati diharapkan bisa bersinergi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan dan melestarikan seni budaya, dan kearifan lokal Kabupaten Pati sebagai bagian dari budaya nasional. Apalagi, seni budaya dan kearifan lokal merupakan potensi yang harus dikembangkan guna mendukung pengembangan pariwisata nasional, agar mampu bersaing di kancah internasional.

“Kami berharap KSBN dapat berkontribusi untuk mendukung keberadaan destinasi wisata Kabupaten Pati, dengan turut berperan membuat dan merancang event-event seni budaya, baik rutin maupun tahunan, yang menarik dan berkesinambungan,” pungkasnya.

 

 

0 Komentar

    Tambah Komentar