Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Cek Validitas Kemiskinan, Wabup Dorong Peningkatan Akurasi Data BPS

Wakil Bupati Saiful Arifin (Safin) yang juga merupakan Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Pati, Kamis (7/6) mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Pusat Statistik (BPS), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), dan Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk mengikuti Rakor Penanggulangan Kemiskinan wilayah Kabupaten Pati di ruang Kembang Joyo Setda Kabupaten Pati pada Kamis (7/6).

Menurut data BPS, angka kemiskinan di Pati pada 2017 masih sekitar11,38℅. "Untuk itu saya selaku Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Pati, mengundang semua unsur baik OPD, BPS, PNPM dan PNM untuk bersinergi, bekerja sama  membahas penaggulangan kemiskinan", terang Safin.

Pihaknya berharap untuk tahun-tahun mendatang, angka kemiskinan di Kabupaten Pati bisa turun secara bertahap. "Karena itu, data kemiskinan harus valid dan benar, serta tepat sasaran. Karena data ini sangat penting sekali sebagai dasar dalam penentuan kebijakan  dan upaya-upaya penanggulangan kemiskinan", imbuhnya.

Sehingga, lanjut Wabup, nantinya data tersebut mampu memperlihatkan di mana dan siapa yang dimaksud orang miskin, sehingga akan terlihat jelas siapa yang berhak menerima program bantuan pemerintah.

"Perlu upaya yang serius, sinergis dan terpadu dari semua pihak, dalam memberikan bantuan kepada masyarakat miskin. Sehingga penanggulangan kemiskinan dapat terwujud Iebih cepat, mudah dan tepat sasaran, dengan program di masing-masing OPD yang semakin bersinergi", terang Haryanto jelas Safin.

Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan juga berharap agar berbagai program dan kegiatan Pemkab didukung dan dikawal bersama-sama. "Program yang dikeluarkan pemerintah tidak akan menjadi efektif dan tepat guna, apabila komponen penunjang lainnya tidak dapat bekerja dengan maksimal dan profesional", pungkasnya. (fn2 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar