Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Luncurkan SIAPAK, Bupati Ingin Bukti Bukan Janji

Pemkab Pati hari ini meluncurkan aplikasi android Sistem Integrasi Aduan Penanganan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Pati (SIAPAK) di Gedung Pragolo Setda Kabupaten Pati.

"Pada dasarnya aplikasi ini dibuat guna mempercepat tanggapan atas aduan serta keluhan masyarakat. Lewat SIAPAK laporan warga dapat langsung ditindaklanjuti. Ini tentu berbeda dengan prosedur pengaduan keluhan masyarakat yang selama ini berjalan,  yang bisa memakan waktu hingga tiga hari", terang Bupati Pati Haryanto saat meluncurkan secara resmi aplikasi tersebut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Mangkunagaran (Satpol PP) Hadi Santosa yang juga turut mendampingi Bupati dalam kegiatan itu juga meyakini bahwa aplikasi ini akan sangat membantu Pemkab. "Sebelumnya kan terlalu lama dan harus ke sana ke mari, mulai dari membuat laporan ke Ketua RT lalu ke desa kemudian ke kecamatan baru ke Kantor Satpol PP. Setelah membuat laporan berjenjang, baru kemudian ada respon", imbuhnya.

Dalam sambutannya, Bupati selaku kepala daerah mendukung dan mengapresiasi adanya aplikasi android SIAPAK ini. "Saya ingin agar aplikasi ini  betul-betul dikelola dengan baik. Jangan hanya diresmikan lalu dibiarkan. Jangan hanya janji, tapi harus ada bukti nyata bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan pelayanan ke masyarakat yaitu dengan menindaklanjuti keluhan atau aduan yang ada", pinta Bupati.

Diakui Bupati, tugas keamanan dan ketertiban umum memang bukan hanya tertumpu kepada Satpol saja tapi juga  melibatkan TNI dan Polri.

"Setelah ada aplikasi ini, saya minta ada bukti nyata. Saya ingin lihat apakah ada perubahan atau tidak, antara sebelum dengan sesudah adanya aplikasi ini. Saya tantang apakah respon terhadap keluhan warga semakin meningkat atau justru menurun", tegas Bupati.

Haryanto pun meminta agar semua aduan yang dikeluhkan melalui aplikasi ini dicetak dan laporkan kepadanya. "Dan untuk keluhan atau pun aduan yang sudah ditanggapi pun harus dilaporkan kembali kepada saya guna memantau apakah aplikasi ini dikelola dengan baik atau sebaliknya", imbuh suami dari Musus Indarnani ini.

Peresmian aplikasi SIAPAK kali ini ditandai dengan pemasangan pin SIAPAK kepada perwakilan personil Satpol PP dan Linmas, dengan disaksikan para tamu undangan, diantaranya dari Kodim 0718/Pati, Polres, Camat dan Linmas se-Kabupaten Pati, serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. (fn4 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar