Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

SITANTI, Jadikan Seleksi Jabatan ASN Lebih Transparan

Pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kabupaten Pati bakal dilaksanakan lebih transparan. Hal ini mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 80 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Seleksi JPT. Selain itu dengan layanan Sistem Informasi Jabatan Tinggi (SITANTI), mempermudah pelamar.

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Pati Jumani melalui Kabid Formasi Jabatan Ikmal menuturkan, telah mengumpulkan sekitar 50 peserta dari perwakilan seluruh OPD di Pati. Pihaknya menyosialisasikan tentang perbup tersebut. Sebab, dulunya hanya mengacu pada UU Nomor 5 tahun 2014 dan PP nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

“Peraturan yang lama belum mengatur secara teknis dan lebih detail mengenai seleksi JPT. Nah dengan perbup yang baru ini, kami sebagai leading sektor membuat rumusan teknis turunan dari peraturan lama,” jelasnya saat ditemui tim liputan Humas hari ini (10/7).

Selain itu, pihaknya meluncurkan aplikasi SITANTI. Aplikasi tersebut mulai disampaikan kepada ASN di Pati. Supaya ketika ada pelaksanaan JPT, dapat diaplikasikan. "Dengan adanya aplikasi ini, harapannya seleksi JPT lebih transparan dan kesiapan pelamar lebih matang. Sebab pengangkatan PNS dalam JPT pratama melalui seleksi terbuka yang adil dan kompetitif," terang Ikmal.

Untuk itu, lanjut Ikmal, harus dilaksanakan dengan keterbukaan dan berbasis kompetensi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan aplikasi SITANTI, dipastikan juga memudahkan pelamar. "Jika dulunya pelamar membawa berkas ke sektretariat di BKPP Pati, kini melalui aplikasi online tinggal memasukkan nama, NIP, dan data lainnya ke dalam sistem," pungkas Kabid Formasi itu. (po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar