Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Melihat Potensi Kelautan, Wabup Berlayar di Perairan Pati

Posisi Kabupaten Pati yang berada di wilayah pesisir, menjadikan daerah ini memiliki sumber daya alam potensial. Garis pantai yang terbentang dari timur hingga barat Kabupaten, rupanya menyimpan potensi keragaman perikanan juga ditambah bentangan hutan mangrove. Hal itu yang mendorong Wakil Bupati Saiful Arifin untuk melakukan monitoring wilayah perairan pantai Kabupaten Pati.

Didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Asisten Ekbangkesra, Polairut dan TNI AL, Wabup memulai pelayaran dari pelabuhan TPI Banyutowo Juwana pada Rabu (18/7).

"Kita melaksanakan monitoring tujuannya adalah mengamati untuk mendapatkan suatu informasi pokok kondisi wilayah perairan pantai kita, memahami keadaan dan kondisi dengan tujuan pemanfaatan potensi perairan pantai agar bisa mempunyai fungsi dan manfaat bagi masyarakat," ungkap Wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, pengelolaan berbasis masyarakat dengan memperhatikan potensi masing- masing desa adalah salah satu solusi pengelolaan sumber daya alam, dengan memberi pengetahuan dan kesadaran akan lingkungan sebagai dasar pengelolaannya. "Kita sampaikan hutan mangrove bermanfaat sangat baik buat nelayan nelayan kecil lokal. Selain itu, juga bisa dikembangkan sebagai tempat tujuan wisata," tutur wakil kepala daerah dari latar belakang pengusaha itu.

Pria yang akrab disapa Arifin itu, juga mencetuskan ide untuk mengajak pemuda desa untuk mengembangkan potensi pesisir pantai yang ada di Kabupaten Pati.

"Pastinya kita ajak kawan kawan muda ( karang taruna-red) untuk ikut membangun desa, berinovasi dan berkarya dengan menggali potensi lokal masing," tandasnya. (po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar