Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Begini Curhat Bupati, Saat Dapat Bantuan CSR

Delapan desa di Kabupaten Pati mendapat bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Coca Cola Foundation Indonesia. Bantuan berupa komputer dan server ini, diserahkan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati pada Sabtu (8/9) di Ruang Pragolo Setda Pati.

Desa yang mendapat bantuan tersebut yakni Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana, Desa Sugiharjo Kecamatan Gabus, Desa Ketanggan Kecamatan Gembong, Desa Margorejo Kecamatan Margorejo, Desa Pangkalan Kecamatan Margoyoso, serta Desa Bermi Kecamatan Gembong.

Bupati Haryanto yang hadir bersama Kepala Dinas Arpusda serta perwakilan dari tiap desa mengatakan Coca Cola merupakan salah satu perusahaan yang sering memberikan program CSR kepada Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Kendati banyak perusahaan lain yang memberikan CSR di Pati, namun ia menyayangkan jika program CSR tidak melalui Pemkab Pati.

"Perusahaan lain pun sebenarnya ada namun program tersebut diserahkan langsung tanpa melalui pemerintah daerah," ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan masih banyak pihak yang juga ingin memberikan bantuan program CSR, namun Bupati menghimbau agar tujuan dan pemanfaatan bantuan tersebut jelas kemana arah tujuannya. Ia berharap jangan sampai bantuan yang diberikan menjadi tidak bermanfaat ketika di lapangan.

"Tapi kalau program bantuan itu melalui kita dulu yakni pemerintah daerah, nanti bisa diarahkan desa mana yang perlu dan membutuhkan, serta bentuk bantuan CSR-nya juga disesuaikan", imbuhnya.

Terkait dengan pelaksanaan program CSR, Bupati mengakui belum terdapat peraturan daerah (Perda) yang mengatur mekanisme pemberian bantuan CSR. Hal itu menjadikan banyak perusahaan yang menyerahkan bantuan sendiri kepada pihak yang dituju.

"Kedepan nanti akan kita rintis terkait hal tersebut, terlebih juga karena sudah banyak pihak yang melaksanakan program CSR di Pati," ujarnya.

Pemberian bantuan CSR dari Coca Cola melalui Pemkab Pati ini merupakan kali kedua. Sebelumnya bantuan diberikan oleh perusahaan minuman ringan di Kabupaten Pati pada tahun 2017 serta di tahun 2018. (po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar