Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Pemkab Undang Pemilik Toko dan PKL di Sepanjang Jalan Dr Soetomo

Pelaksanaan Bulan Tertib Lalu Lintas dan Transportasi yang rencananya akan digelar sampai dengan bulan Desember 2018 diharapkan mampu memberikan multi manfaat kepada semua elemen masyarakat khususnya para pengguna jalan. Hal ini disampaikan oleh Kapten Inf. Muhlisin Pasi Intel Kodim 0718 Pati dalam Rapat Koordinasi Teknis dan Evaluasi Penggunaan Fasilitas Umum Ruang Milik Jalan, baru-baru ini, di Aula Ruang Rapat Dinas Perhubungan Kabupaten Pati.

"Kegiatan ini sangat positif, namun demikian jangan sampai terjadi tumpang tindih, Karenanya perlu pengintegrasian dan kesepahaman menyeluruh dari setiap OPD maupun instansi yang terlibat. Dengan demikian kegiatan ini akan memiliki multi manfaat yang pada akhirnya adalah untuk terciptanya masyarakat yang taat berkendara, lalu lintas lancar, dan pengguna jalan nyaman" ungkapnya.

Rakornis dan evaluasi tersebut merupakan tindak lanjut dari Patroli Gabungan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu di sepanjang Jalan Dr Soetomo. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pati Sudarlan, seusai Rakor menyampaikan bahwa saat ini tim akan fokus pada ruas jalan Dr Soetomo dulu.

"Sebelum arus lalu lintas di sepanjang Jalan Dr Soetomo lancar terkendali,  tim tidak akan bergeser ke ruas jalan yang lain,  karenanya setelah patroli gabungan kemarin, kita tindaklanjuti dengan melakukan patroli di sepanjang jalan Dr Soetomo untuk meberikan himbauan agar semua kendaraan parkir di sisi timur dan para PKL tidak lagi menggunakan trotoar maupun bahu jalan di luar jam yang telah diijinkan", ungkapnya.

Namun demikian, lanjutnya, untuk menjamin efektivitas dan ketaatan masyarakat, intensitas kegiatan akan ditingkatkan ke tahap berikutnya yaitu  tahap sosialisasi dan edukasi di  ruangan.

Hari ini semua pemilik pertokoan dan PKL di sepanjang jalan Dr Soetomo diundang untuk diberikan pemahaman dan edukasi terkait dengan aturan dan sanksi dalam penggunaan trotoar dan bahu jalan.

Tahap selanjutnya, Patroli dan PAM di lapangan setiap pagi sampai dengan malam, direncanakan dilaksanakan mulai hari Senin (24/09). Dalam tahap ini akan dilakukan edukasi kembali sampai dengan himbauan dan peringatan di tempat.

Sedangkan tahap ketiga, akan dilakukan Patroli gabungan sekaligus penertiban  para pengguna trotoar dan bahu jalan yang masih tetap membandel melanggar aturan termasuk pemberian sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Dengan penataan parkir kendaraan di sisi timur ini diharapkan arus lalu lintas di sepanjang jalan tersebut akan menjadi lancar, nyaman, aman dan terkendali. "Termasuk kendaraan-kendaraan baik milik pengusaha pertokoan maupun pengunjung yang parkir di bawah lampu merah juga akan disterilkan", lanjut Sudarlan.

Kepala Dinas Perhubungan berharap melalui kegiatan Bulan Tertib Lalu Lintas dan Transportasi ini akan terbangun sinergi dan pengintegrasian dari setiap OPD dan instansi terkait, sesuai tugas pokok masing-masing dalam mewujudkan keteraturan dan kelancaran arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Pati.

"Tentunya kita akan melakukan pemetaan dan menentukan skala prioritas ruas jalan mana yang akan menjadi lokasi sasaran. Di samping itu, target kita dalam melakukan patroli dan penertiban adalah per ruas jalan, satu satu dulu. Setelah tertib dan arus lalu lintas lancar, barulah beralih ke ruas jalan yang lain" pungkasnya. (fn4 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar