Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Uji Kompetensi JPT Gunakan Sistem Assessment Center

Sejak Rabu, 17 pelamar tiga pimpinan OPD yang kosong di Pemkab Pati mengikuti uji kompetensi di UNS INN dengan menggunakan metode atau sistem assessment center.

Sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, usai lolos seleksi administrasi, mulai tanggal 10 hingga 12 Oktober 2018, 17 pelamar dari 3 formasi yaitu sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kesehatan, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, mengikuti kegiatan uji kompetensi di UNS INN Surakarta.

Dalam melakukan proses seleksi terbuka ini, panitia dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Pati (BKPP), menggandeng LPPM UNS untuk partisipasi di proses tersebut.

Sudarsono, panitia lokal uji kompetensi dari LPPM UNS mengungkapkan, dalam pelaksanaan uji kompetensi kali INI, pesertanya sebanyak 17 orang, di mana 13 peserta adalah laki - laki, dan 4 peserta lainnya adalah perempuan.

"Mereka yang nantinya akan mengisi kursi sebagai Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kesehatan, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati", jelasnya.

Terkait dengan metode atau sistem yang dipergunakan dalam proses seleksi ini, Sudarsono menambahkan bahwa pihaknya menggunakan sistem assessment center.

"Yang mana dengan menggunakan sistem tersebut, dapat menggambarkan kompetensi dari masing - masing pelamar secara utuh. Mulai dari kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural, serta kompetensi di bidang yang diinginkan", lanjutnya.

Untuk materi yang diuji, selain psikometri, In basket, discusion, presentasi, tes kompetensi bidang dan sosial kultural, serta wawancara. (fn2 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar