Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TENTANG HOAX HADIRKAN DISKOMINFO DAN KANTOR KEMENAG

hoax 1
 
hoax 2
 

Rabu ( 31/10/18/) Bin Polmas Satbinmas Polres Pati adakan Focus Group Discussion (FGD) tentang berita hoax dan radikalisme bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati dan Kantor Kemenag Kabupaten Pati bertempat di Aula Kecamatan Gembong.
Sosialisasi dihadiri oleh Babinkamtibmas Pati, Perangkat Desa se Kecamatan Gembong, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kecamatan Gembong.
Dalam materinya, R. Adi Prasasto, S Sos, M.Si selaku narasumber dari Diskominfo menyatakan bahwa " Hoax merupakan informasi yang direkayasa untuk menutup informasi sebenarnya. Dengan kata lain hoax juga bisa diartikan sebagai upaya pemutarbalikan fakta menggunakan informasi yang meyakinkan tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya". Lebih lanjut dikatakan untuk mengatasi berita hoax perlu dilakukan deteksi dini hoax yaitu dengan selalu cek alamat URL, cek situs, cek dengan media lainnya, gunakan fact check, siapa penulis dan narasumbernya, dan bagaimana penulisannya. Adapun isu hoax yang paling banyak adalah permasalahan sosial politik, SARA, dan kesehatan. Diinformasikan Kementrian Komunikasi dan Informatika telah memfasilitasi antisipasi hoax dengan meluncurkan web, http://data.turnbackhoax.id, yang mulai bulan Januari 2018 telah dilaksanakan melalui pembuatan Ruang Drone 9/CD9.

0 Komentar

    Tambah Komentar