Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Semangat Anak TK Saat Manasik, Dapat Acungan Jempol dari Bupati

Ribuan anak Taman Kanak- kanak (TK) dan Raudatul Athfal (RA) Se Kabupaten Pati mengikuti latihan manasik haji di Alun-alun Simpang Lima Pati, Kamis (8/11). Sebelum dimulainya kegiatan ini, anak- anak peserta manasik berkesempatan singgah di Pendopo Kabupaten dan bertemu dengan Bupati Pati dan Kepala Kementerian Agama Pati.

Bupati Pati Haryanto mengaku sangat senang dengan penyelenggaraan kegiatan keagamaan untuk usia dini. Dengan adanya pelatihan manasik haji ini, ia berharap peserta didik bisa lebih mudah dalam mengenal dan memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji. "Selain itu anak-anak juga mendapatkan pengetahuan sejak dini  sehingga mereka memiliki semangat serta cita-cita untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci," ujarnya.

Para peserta manasik nampak begitu antusias didampingi guru dan orang tuanya. Bahkan, anak- anak ini sangat bersemangat melakukan praktek sa"i dan lempar jumrah, meskipun terik matahari begitu terasa.

Melihat antusias peserta manasik, Bupati mengacungi jempol atas semangat mereka dalam belajar agama. Ia juga mendoakan generasi penerus ini dapat melaksanakan rukun Islam ke lima di masa dewasanya. "Mudah-mudahan pengenalan ibadah haji ini lebih menjadikan mereka paham betul bahwa rukun Islam memang harus diterapkan. Kalau rukun Islam yang kelima kan bila mereka mampu jadi kedepannya kalau anak-anak sudah besar dan mereka mampu semoga bisa segera melaksanakan ibadah haji," harapnya.

Ketua panitia manasik haji Mahtub Thohuroh mengatakan, kegiatan praktek ibadah haji untuk peserta didiknya rutin setiap tahun. Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan praktik ibadah haji kepada anak sejak dini. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan keimanan anak. Dipilihnya Alun-alun untuk kegiatan juga sebagai syiar Islam. "Kami tidak hanya memberikan teori ibadah haji, tetapi juga praktik langsung," pungkasnya. (po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar