Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Bupati Dampingi Nelayan Pati Untuk Berdialog Dengan Kapolda dan Pangdam

Bupati Pati Haryanto kemarin menerima kedatangan Kapolda Jateng Irjen Drs. Condro Kirono, M.M, M.Hum dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjend TNI Mochammad Effendi, S.E, M.M. Keduanya hadir di TPI Unit II Juwana untuk melakukan silaturahmi dengan nelayan Kabupaten Pati.

Pada kegiatan yang dihadiri 300 orang itu, Bupati juga turut aktif mengikuti dan mendampingi jalannya dialog dengan nelayan. Masukan maupun keluhan yang masuk nantinya akan disampaikan Kapolda ke Kapolri dan untuk kemudian diteruskan ke pihak yang berwenang dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sejumlah topik yang dibahas diantaranya terkait Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), proses pengurusan SIPI, serta terkait Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) atau area penangkapan ikan yang hanya dibatasi satu area saja.

Menjawab kedua hal tersebut, Kapolda menawarkan solusi yang rupanya  disambut baik oleh para nelayan. "Solusi untuk proses SIPI yang lama dan hanya ( dlm proses) tinggal menunggu keluarnya saja akan dikeluarkan  surat keterangan. Surat Keterangan atau suket tersebut ditandangangani Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten, Kapolres, Dandim Danlanal. Mereka yang berada di Kabupaten / Kota," ujarnya

Ia pun menegaskan bahwa nelayan  yang sudah membawa Suket dipersilahkan untuk berlayar. "Sebab Suket menerangkan bahwa perijinan telah melalui proses, hanya SIPI yang belum keluar," ungkapnya.

Sementara itu Kapolda Jateng Drs. Condro Kirono, M.M, M.Hum juga mengungkapkan, Bahwa sudah ada kebijakan dari Kapolri bahwa Polda di seluruh Indonesia agar tidak ada penangkapan terhadap nelayan Cantrang, begitu juga dengan Angkatan Laut tdk boleh ada penangkapan.

Terkait masalah kedua yakni wilayah area penangkapan yang hanya 1 area saja  menurut Kapolda Jateng itu merupakan persoalan teknis.  "Dan masalah ijin wilayah bukan wewenang kami, tapi keluhan tersebut tetap akan kami sampaikan", jelasnya.

Selain menampung aspirasi para nelayan, kedatangan Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro juga menyerahkan bantuan pelampung untuk para nelayan. Sebanyak 150 dari dari Kapolda dan 150 lagi dari Pangdam IV Diponegoro, serta dua set bola voli dari keduanya.

Bupati Pati Haryanto mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro yang telah membantu peralatan pelampung karena sangat bermanfaat sekali untuk para nelayan di Pati.

"Mengingat waktu yg terbatas masyarakat dihimbau agar tidak usah kuwatir karena tidak kebagian waktu bertanya,  semua terkait pertanyaan dan keluhan silahkan dibuat tertulis nanti akan kita sampaikan kepada yang berwenang. Semoga kehadiran beliau (Kapolda & Pangdam-red) bisa memberi solusi permasalahan yang ada selama ini", tutur Bupati.

Selain Kapolda dan Pangdam, hadir pula Kepala Dinas Perikanan dam Kelautan Jawa Tengah Lalu M Syafriadi, Wakil Bupati Saiful Arifin, Kapolres Pati AKBP Jon Wesly dan Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan. (fn2 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar