Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Akhirnya, Sertifikat Tanah di Empat Desa Ini Dibagikan

Penyerahan program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) 2018 untuk masyarakat Desa Mojo, Karangsari, Ngablak dan Payak kecamatan Cluwak bertempat di halaman Kantor Balai Desa Payak, hari ini (7/1). Bupati, Wakil bupati, kepala BPN Pati dan Muspika kecamatan Cluwak hadir dalam penyerahan ini.

Bupati Pati Haryanto berpesan agar sertifikat yang telah diserahkan pada hari ini, dijaga dengan baik dan digunakan untuk hal yang produktif apabila digunakan untuk mengajukan pinjaman ke pihak perbankan. Bupati mengingatkan agar masyarakat tidak terjebak hutang karena menjaminkan sertifikat untuk hal yang tidak produktif malah menambah beban diri.

"Kalau misal tidak diagunkan ke bank disimpan dengan baik. Jangan sampai menyimpan sertifikat ditempat yang mudah terbakar," pesannya.

Bupati mengatakan pihaknya juga meminta agar awak media dan LSM agar melakukan mediasi terlebih dahulu ketika ada permasalahan sebelum memberitakan di media massa ataupun media sosial. Sebab program semacam PTSL ini bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat juga.  Ditambah lagi dengan program PTSL ini petugas terkait dalam hal ini BPN Pati harus bekerja keras untuk segera menyelesaikan proses pembuatan sertivikat secepat mungkin karena harus selesai bersama-sama.

"Oleh karena itu, program semacam ini dikawal dengan baik agar memberi manfaat kepada masyarakat. Jangan sampai mencari kejelekan saja," tegas Bupati.

Program PTSL ini, lanjut Bupati justru harus didukung tokoh masyarakat dan pemerintah desa setempat. Karena Pati termasuk nomor dua di Jawa Tengah terkait jumlah kuota program PTSL.

"Sekarang, satu desa harus selesai semua sehingga program ini tidak bisa diratakan ke desa lain. Jadi satu desa harus selesai dan diikutkan program berikutnya sampai semua lahan yang ada didesa setempat bersertifikat," ungkap Haryanto.

Sementara itu Yoyok Anwar Kepala BPN Pati mengatakan pada acara ini diserahkan sertifikat tanah dari Program PTSL sejumlah 1.680 bidang. Sedangkan untuk penerimanya berasal dari Desa Mojo 500 bidang, Karangsari 60 bidang, Ngablak 330 bidang, dan Payak 250 bidang.

"Untuk Program PTSL 2019 semua lahan akan diukur dan tidak ada sporadik. Kami mohon kepala desa agar mulai dari sekarang melakukan persiapan," pungkas Yoyok. (po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar