Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Gabungan BUMDes Ini, Diyakini Mampu Kembangkan Perekonomian Desa

Penandatanganan Pakta Integritas PT. Mitra Bumdes Nusantara serta launching PT. Maju Berdikari Sejahtera Kabupaten Pati, berlangsung hari ini (17/1) di Ruang Penjawi Setda Pati.

Bupati Pati Haryanto yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan, peluncuran PT. Maju Berdikari Sejahtera ini merupakan tindak lanjut dari beberapa pertemuan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Saiful Arifin untuk mewujudkan penggabungan badan usaha desa di Kabupaten Pati. Bupati mengatakan, ide yang muncul awal tahun 2018 ini tidak berlebihan. "Karena kalau bantuan keuangan dari pemerintah hanya untuk infrastruktur hampir semuanya bisa melaksanakan. Tetapi yang paling sulit adalah agar dana tersebut berkembang," imbuhnya.

Untuk memutar modal ini lanjut Bupati, nanti ada 13 usaha yang dijalankan. Meski demikian, Bupati menegaskan saat perjalanannya nanti akan difokuskan pada usaha yang memiliki peluang berkembang cukup baik dan bisa memberikan deviden yang baik.

"Oleh karena itu karena PT. Mitra Bumdes Nusantara memiliki akses ke pemerintah pusat diharapkan usaha kerjasama ini bisa berkembang. Kuncinya adalah, serius mengelola modal yang ada," ungkap Haryanto.

Bupati menyebutkan, dalam pembagian deviden nantinya juga tidak akan sama antara satu desa dengan desa lainnya. Hal ini berkaitan dengan penyertaan modal yang tidak sama. "Ini merupakan titik awal yang nantinya diikuti kegiatan teknis yang dikawal oleh para desa pemegang saham," ujar Bupati.

Sementara itu Muhtar Kepala Dispermades menegaskan kegiatan ini bertujuan dalam rangka mengembangkan ekonomi desa. Ia menerangkan di dalam melaksanakan usaha BUMDes bersama, dibentuklah perseroan desa dengan nama PT. Maju Berdikari Sejahtera Pati. "Agar memiliki akses yang luas, usaha gabungan ini bekerjasama dengan PT. Mitra Bumdes Nusantara. Kerjasama ini baru terjadi di Pati, sehingga bisa menjadi konsep strategis untuk percepatan pembangunan desa," ujarnya optimis.

Pada launching ini, selain dihadiri Bupati Pati, juga diikuti oleh Wakil Bupati, Asisten pemerintahan, kepala Dispermasdes, para camat dan kepala desa. (po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar