Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Safin Bagi Jurus Jitu Jalankan Bisnis

Wakil Bupati Saiful Arifin (Safin) sebelum berkecimpung di dunia politik, telah lebih dulu dikenal sebagai pengusaha sukses yang merintis bisnis dari nol. Karena itulah, di tiap kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, Safin getol memotivasi para pelaku usaha.

Hal itu nampak saat tadi pagi, Wabup menerima audiensi Komunitas UMKM Pati (Kupat) di ruang Joyo Kusumo Setda Pati. Ia tak segan membeberkan jurus jitu untuk meningkatkan usaha UMKM di Pati berdasarkan pengalaman sendiri dalam bidang usaha dan bisnis.

Jurus jitu tersebut antara lain, UMKM perlu percaya diri karena produk sudah bagus namun kadang secara marketing dan komunikasi branding memang kurang percaya diri. "Maka dari itu saya berpesan bahwa percaya diri adalah salah satu kiat suksesnya", tutur Safin.

Kemudian kiat sukses selanjutnya menurut Wabup adalah banyak jejaring. "Karena apapun itu kita harus membangun komunikasi kepada seluruh pasar dan seluruh komponen. Karena semakin banyak jejaring otomatis peluang pasar akan semakin banyak dan semakin luas", lanjutnya.

Dan yang terakhir, menurutnya adalah jangan takut kekurangan permodalan. "Karena kita bisa mengajukan pinjaman di bank dan digunakan untuk usaha produktif, tapi jangan pinjam bank lalu digunakan untuk konsumtif", pesan Safin.

Wabup pun menambahkan bahwa untuk mendapatkan kepercayaan bank, pelaku usaha harus bisa menunjukkan bahwa produk yang akan dipasarkan betul-betul bagus dan menjanjikan. (fn1 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar