Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Hadiri Expo Ini, Bupati Kenalkan Forum UMKM Pati

Bupati Pati Haryanto hari ini mengunjungi Expo Hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa UNDIP di Kecamatan Gunungwungkal. Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Kapolsek, Danramil, dan Camat Gunungwungkal tersebut, Haryanto menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan  yang sudah dilakukan oleh mahasiswa ketika membaur dengan masyarakat.

"Dalam kurun waktu 40 hari mereka bisa mendampingi masyarakat dalam meningkatkan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), contohnya adalah emping biji rambutan yang saat ini juga ikut dipamerkan", terang Bupati.

Bila inovasi pangan tersebut bisa dioptimalkan, menurut Haryanto, itu bisa menjadi nilai tambah. "Apalagi makanan biji rambutan dulunya memang dikonsumsi oleh masyarakat ekonomi rendah dengan cara dibakar terlebih dahulu sebelum di makan", jelasnya.

Selain itu, lanjut Bupati, juga ada batik, sabun dari ampas kopi dan produk inovatif lainnya yang merupakan inovasi dari para mahasiswa. Pihaknya juga berharap hal ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja tetapi harus dilanjutkan oleh masyarakat ke arah yang lebih produktif sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

"Bagaimanapun juga KKN akan berdampak baik bagi masyarakat terlebih dalam hal pemberdayaan, administrasi desa, inovasi dan lain sebagainya", imbuh Bupati. Haryanto menambahkan bahwa pihaknya juga akan berupaya untuk melakukan pembinaan bagi masyarakat yang memiliki UMKM lewat Forum UMKM Pati. "Diharapkan, dengan wadah ini masyarakat bisa bersinergi untuk meningkatkan produksi agar pemasarannya lebih luas", lanjutnya. (fn3/FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar