Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Hadiri Selamatan Giling Tebu, Wabup Singgung Soal Swasembada Gula

Wakil Bupati Saiful Arifin (Safin), Sabtu (6/3) menghadiri Selamatan Giling Pabrik Gula Trangkil Tahun 2019  di PG Trangkil. Hadir pula dalam kegiatan itu, Forkompinda, Komisaris PT Kebun Agung Surabaya, Direktur Utama PT Kebun Agung Surabaya, Pimpinan PG Trangkil dan para karyawan PG trangkil.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menjelaskan bahwa prosesi giling tahun ini, merupakan tradisi yang intinya memohon kepada Allah agar giling dapat berlangsung lancar dan sukses serta tahun ini lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk menunjang hal tersebut, lanjut Safin, diperlukan antisipasi iklim, efisiensi, perhatian pada limbah serta kerja sama dengan berbagai pihak, baik petani, pabrik gula maupun dengan pemerintah.

"Saya juga ingin menekankan agar semua pihak terkait untuk selalu memperhatikan adanya nilai tambah bagi petani, dan komitmen kita dalam upaya pencapaian swasembada gula nasional tahun 2019 melalui program akselarasi peningkatan produksi gula", imbuhnya.

Melihat perkembangan PG Trangkil dan hasil evaluasi Musim giling tahun 2018, Safin menilai kondisinya sudah cukup baik.

Berkaca pada kondisi tersebut, Wabup Safin juga mengingatkan pada para pemuda, agar tidak selalu ingin atau berangan - angan menjadi PNS saja. "Namun juga harus dapat memikirkan tentang bagaimana bisa membuka sebuah usaha kemudian mengembangkan usahanya tersebut. Harus berusaha membuka usaha, serta bagaimana usahanya tersebut dikembangkan bersama kemajuan teknologi yang ada saat ini", terang Wabup.

Pihaknya juga mengajak kepada semua pihak yang terkait dengan produktivitas gula, untuk mengembangkan sikap - sikap yang lebih terbuka dan lebih memiliki komitmen kuat sehingga sektor pertebuan dan pergulaan dapat terus eksis dalam mendukung perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini merupakan tantangan kita bersama untuk mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan pergulaan Indonesia agar tidak kalah bersaing dengan gula impor. Dan untuk ke depannya kita berharap pemerintah meninjau kembali permasalahan gula impor dan merevisi Iagi regulasi tentang pergulaan yang berpihak pada pergulaan nasional, bukan pada gula impor", imbuhnya.

Selanjutnya Wabup Safin mengajak semua pihak khususnya Jajaran PG Trangkil, untuk membulatkan tekad dan harapan agar musim giling tahun 2019 lebih sukses lagi.

"Semoga musim giling tahun ini dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan sukses serta memberikan manfaat pada keluarga besar PG Trangkil khususnya dan masyarakat Pati pada umumnya", pungkasnya. (fn3/FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar