Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Safin Ajak Komunitas Sosial Kawal Data Warga Tak Mampu

Bertempat di Waduk Gunung Rowo, Gembong, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), kemarin hadir dalam  silaturahmi bersama sejumlah komunitas yang bergerak di bidang sosial di lingkup Kabupaten Pati. Komunitas sosial yang ikut dalam kegiatan ini antara lain KAAPCare, Sedulur Pati, Meong Pati, Ayo Berbagi Pati serta Sedekah Rombongan.

Selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan ini juga disertai dengan pemberian santunan bagi warga yang membutuhkan di sekitar Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong. Safin mengaku amat mengapresiasi kegiatan komunitas yang diusung anak muda seperti ini. Menurutnya, kegiatan yang bermanfaat seperti ini memang diperlukan, terlebih yang bergerak di bidang sosial.

"Semua aksi sosial itu bisa jalan karena saudara - saudara sekalian telah merelakan tenaganya, pikirannya, materinya demi berbagi kepada sesama", jelas Wabup. Safin pun menghimbau kepada para pemuda yang aktif di komunitas sosial, agar peka dengan kondisi lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

"Masih adakah warga tidak mampu, yang dapat di data agar mendapat bantuan? Kalau memang mereka membutuhkan, siapa tahu nanti bisa dapat bantuan dari pemerintah daerah maupun pusat", lanjutnya. Namun, bagi yang sebelumnya telah mendapat bantuan dan saat ini ekonominya sudah mampu, Safin menyarankan agar bantuan itu  dialihkan kepada yang lebih membutuhkan.

Oleh karena itu, pihaknya berpesan kepada para anggota komunitas agar bersedia membantu dan mengawal pendataan bantuan agar tepat sasaran, yaitu bagi orang - orang yang memang benar-benar membutuhkan. "Setelah itu, datanya bisa disampaikan kepada dinas terkait seperti misalnya dinas sosial", terang Wabup.

Apabila komunitas sosial seperti ini dapat dipertahankan, imbuhnya, maka akan gerakan sosial dari berbagai komunitas itu akan kian  solid dan akan semakin bermanfaat dalam membantu masyarakat yang kurang beruntung. (fn2 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar