Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

1109 Calon Jamaah Haji Ikuti Pembukaan Manasik

 

Sebanyak 1109 Calon Jamaah Haji Kabupaten Pati tahun 2019 mengikuti pembukaan manasik haji. Acara yang diselenggarakan   di Pendopo Kabupaten Pati ini dibuka oleh Bupati Pati Haryanto.

"Sekalipun sebelum ini Bapak Ibu calon haji ini sudah melaksanakan latihan-latihan yang dilaksanakan di KBIH masing-masing, pemerintah daerah tetap melaksanakan tahapan dalam rangka pemberangkatan ibadah haji tahun 2019 dan  manasik haji kali ini. Bukan berarti pembekalan yang lain tidak berjalan akan tetapi manasik ini lebih kepada pemantapan agar para calon haji betul-betul dibimbing, dikawal agar para calon haji memahami semua tahapan dalam menunaikan ibadah haji di tanah suci. Apalagi peraturan  pelaksanaan ibadah haji setiap tahun cenderung berubah-ubah", tutur Bupati Pati.

Ia pun menegaskan bahwa bimbingan manasik ini sangat penting. Penjelasan para pembimbing akan sangat memberikan manfaat dan dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan ibadah haji. "Paling tidak kita mempunyai gambaran tentang bagaimana ibadah haji di tanah suci nantinya", terang Haryanto.

Ia pun tak ingin pembekalan ini menjadi beban. "Dan tidak kalah penting  jagalah selalu kesehatan", cetus Bupati.  Tak lupa Haryanto mendoakan seluruh jamaah haji agar pada saat berangkat sampai pulang kembali ke tanah air dapat selamat dan menjadi haji mabrur.

Selain itu Haryanto menghimbau kepada seluruh calon jemaah haji agar di tanah suci nanti mendoakan Kabupaten Pati agar tetap rukun, aman dan damai. Turut hadir dalam kegiatan itu,  Forkompimda, DPRD,  Kepala Kemenag Pati, petugas KBIH, Petugas Pembimbing Haji TPHI, TPIHI, TPHD .

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kabupaten Pati dalam sambutanya mengatakan bahwa dalam rangka kelancaran ibadah haji tahun 2019,  Pemkab memberi informasi terkait pelaksanaan ibadah haji, bimbingan dan pembekalan kepada calon jemaah haji.

Menurut Bupati, Pemkab mengalokasikan dana dari APBD sebagai wujud kepedulian dan upaya untuk memberikan pelayanan terbaik pada calon haji, baik untuk pembinaan jamaah haji, penugasan petugas TPHD/TKHD, maupun biaya pemberangkatan dan penjemputan jamaah dari dan ke asrama haji.

Total Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1440 H / 2019 M sebesar Rp 71.163.504 setiap jamaah. Akan tetapi jamaah hanya membayar Rp 36.429.275. Kekurangan Rp 34.734.229 dibayar menggunakan optimalisasi setoran awal BPIH. Biaya pelunasan akan dikembalikan kepada calon haji sebesar kurang lebih Rp 6 juta sebagai living cost.

Sesuai data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOAT) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, hingga 5 April 2019, jumlah jamaaah haji tahun 2019 berjumlah 1109. Adapun yang batal/mundur ke tahun 2020 ada sebanyak 40 orang. (fn2 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar