Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Mampu Terapkan Tanda Tangan Elektronik, Kabupaten Pati Jadi Rujukan Kabupaten Pekalongan

Dipandang lebih dalam hal tata kelola  pemerintahan berbasis e-goverment, Kabupaten Pati kembali menjadi rujukan studi banding dari daerah lain. Kali ini, Dinas Komunikasi dan lnformatika Kabupaten Pati menerima kunjungan kerja dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan di Aula Dinas Kominfo Kabupaten Pati, Kamis (4/7). Selain Kepala Dinas beserta kabid dan para staf Dinas Kominfo, ikut hadir Kabag Humas dan Kasubbag Lembaga Penyiaran Publik.

Kepala Dinkominfo Indriyanto dalam sambutannya mengatakan, Pati adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang sudah menerapkan tanda tangan elektronik. Penerapan ini dianggap sangat efektif dan efisien dalam rangka menjalankan tata kelola pemerintahan."Memang sudah 1 tahun lebih ini sudah kami terapkan di beberapa OPD , dan Insya Allah tahun ini akan kami terapkan di seluruh OPD," jelas Indriyanto.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kabupaten Pekalongan Anis Rosidi menyampaikan, salah satu tujuannya dalam studi banding ini adalah tanda tangan elektronik yang sudah diterapkan di Kabupaten Pati. Pihaknya ingin mempelajari seperti apa aplikasinya dan bagaimana standar operasional prosedurnya di Kabupaten Pati. "Memang dalam hal ini kita mulai bersama sama namun tiap kabupaten tentu mempunyai strategi yang berbeda dan kita mempunyai jarak yang berbeda," jelas Anis .

Anis menilai, Kabupaten Pati dalam hal keamanan informasi dan pengolahan data  dipandang lebih daripada Kabupaten Pekalongan. Untuk itu ia mengatakan ingin ngangsu kaweruh terutama regulasi-regulasi menyangkut standar operasional dari keamanan informasi dan juga persandian.

"Kami menentukan Pati sebagai tempat tujuan studi banding bukan karena kedekatan kami tetapi karena memang ada hal baik agar nanti bisa kita implementasikan dikabupaten pekalongan," pungkasnya. Dalam kunjungan kerja ini Kepala Dinkominfo Kabupaten Pekalongan didampingi Mila Ratna Ningrum selaku Kasisantel, Basuki Rachmat Kasi Statistik, bersama beberapa staf. (po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar