Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

PENTINGNYA LITERASI DIGITAL DI ERA INFORMASI UNTUK MENANGKAL BERITA HOAX

antihoax kodim 0718Hoax merupakan informasi yang direkayasa untuk meutupi informasi sebenarnya. Dengan kata lain hoax juga bisa diartikan sebagai upaya pemutarbalikan fakta menggunakan informasi yang meyakinkan tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya. Hoax juga bisa diartikan sebagai tindakan mengaburkan informasi yang sebenarnya, dengan cara membanjiri suartu media dengan pesan yang salah agar bisa menutupi pesan yang benar, demikian disampaikan oleh R.Adi Prasasto (Kasi Pengelolaan Jaringan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Pati ) dalam rangka kegiatan "Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Tahun Anggaran 2019" di Aula Kodim  0718 Pati pada tanggal 16 Juli 2019.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa kondisi saat ini dihadapkan pada banyaknya informasi yang beredar ( banjir informasi ) dari informasi yang benar dan valid sampai berita hoax, dari hoax yang bersifat bercanda sampai hoax yang bersifat provokasi, agitasi dan propaganda, terutama melalui media sosial yang berbentuk WhatsUp, Facebook, Youtube, Instagram dan lain sebagainya.

Sebagai tindak lanjut dalam upaya pencegahan dan peredaman berita hoax, upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan literasi dan edukasi agar masyarakat mampu memilih dan memilah informasi dari media sosial yang berpotensi menimbulkan perpecahan dan potensi konflik, dan optimalisasi aktivasi Komunitas, imbuhnya.

 
 
 
 

0 Komentar

    Tambah Komentar