Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Publikasi Hari Jadi dan Lokasi Upacara HUT RI Jadi Sorotan Rakor

Keberadaan Alun-Alun Pati yang masih direnovasi, membuat panitia kegiatan Hari Jadi Pati dan HUT Kemerdekaan RI mengalihkan lokasi upacara bendera tanggal 17 Agustus ke Kompi Senapan C Alugoro. Keputusan itu diambil pada Rakor Hari Jadi Pati dan HUT RI yang digelar hari ini di Ruang Pragolo Setda Kabupaten Pati.

"Pilihan awalnya memang antara Brimob dan Kompi Senapan C Alugoro. Kalau dekatnya memang Brimob. Namun secara strategis tidaknya, kemudian lokasi yang luas, lahan parkir, itu ada di lapangan Kompi Senapan C Alugoro. Saya juga sudah berkali - kali melihat disana", jelas Bupati

Senada dengan Bupati, Dandim 0718/Pati Letkol Arm. Arif Darmawan yang juga hadir dalam rapat tersebut mengatakan bahwa ia beserta jajarannya, telah menyurvei lokasi yang akan digunakan untuk upacara  HUT RI.

"Awalnya memang ada dua pilihan tempat tersebut, tapi berdasarkan keputusan bersama, upacara 17 Agustus nanti akan bertempat di Kompi Senapan C Alugoro. Dan ini juga disetujui oleh Pak Bupati", jelasnya.

Selain tentang lokasi, rapat kali ini juga membahas tentang upaya sosialisasi dan publikasi kirab boyongan yang diselenggarakan tiap lima tahun sekali tersebut. Asisten Pemerintahan Sekda Pati, Sudiyono yang turut memimpin rapat, dalam kesempatan itu juga memaparkan bahwa tema hari jadi kali ini adalah "Nyawiji Mbangun Pati Kang Mukti", yang berarti Bersatu Membangun Pati yang Makmur / Jaya / Sejahtera. "Untuk detail Logo dan Tema Hari Jadi Kabupaten Pati maupun HUT RI dapat di download di website humas.patikab.go.id", imbuhnya.

Selain itu, panitia juga akan menyusun surat edaran kepada seluruh OPD, Instansi Vertikal di Kabupaten Pati, Instansi Non Pemerintah/ Swasta, Perusahaan, BUMN, BUMD dan Pemerintah Desa untuk mendukung dan menyemarakkan pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-696 dan HUT Kemerdekaan RI ke-74 agar berlangsung secara meriah, dan tidak terpusat di kota saja, tetapi kemeriahan juga dilaksanakan sampai ke pelosok desa.

Untuk rangkaian kegiatan, menurut Sudiyono, terdiri atas 34 kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-696 dan HUT Kemerdekaan RI. "Yang paling istimewa tentunya adalah Kegiatan Akbar 5 tahunan, yaitu Prosesi dan Kirab Hari Jadi yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Agustus 2019 mulai pukul 12.00 WIB", jelasnya.

Prosesi dimulai dengan pengambilan pusaka dari Pendopo Kemiri, kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan dengan rute Pendopo Kemiri menuju Pendopo Kabupaten. "Adapun yang diarak ialah Forkopimda, Kepala OPD beserta Camat", lanjutnya.

Sementara itu, ziarah ke Makam Tombronegoro yang biasanya dilaksanakan setelah Upacara Hari Jadi, karena tidak ada upacara maka Ziarah akan dilaksanakan pada malam hari tanggal 6 Agustus 2017 sebelum Sidang Paripurna di DPRD Kabupaten Pati.

Selain dihadiri Bupati, Rakor juga dihadiri Sekda Pati Suharyono, Waka Polres Pati, Dandim 0718 Pati, Perwakilan Kajari Pati, Perwakilan Depag, Perwakilan Pengadilan Negeri Pati, dan seluruh OPD di Kabupaten Pati. (fn4 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar