Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Buka MTQ Umum dan Pelajar, Bupati Ingatkan Alquran Sebagai Pedoman Hidup

Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (11/9), menjadi lokasi Pembukaan MTQ Pelajar XXXV dan MTQ Umum XXVIII tingkat Kabupaten Pati tahun 2019.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutan pembukaan acara tersebut, mengatakan bahwa  kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pemahaman bahwa Al Qur"an merupakan pedoman hidup, dan tidak semua orang bisa seni membaca Al Qur"an.

"Selain itu, dengan ajang seperti ini, juga sebagai antisipasi terhadap budaya - budaya negatif yang selama ini masuk. Apabila anak - anak terbiasa memiliki kebiasaan yang positif, sudah tentu hal tersebut tidak akan berpengaruh", pesannya.

Oleh karena itu, lanjut Haryanto, maraknya TPQ, Madrasah Diniyah (Madin) serta lembaga - lembaga pendidikan baca tulis Qur"an, tidak lain ialah bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan, akhlaq, dan budi pekerti, sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas.

"Kepada dewan juri, ini bukan tentang anak - anak kita yang di lombakan. Melainkan bagaimana kemampuan anak ini nantinya dapat dibawa ke ajang tingkat provinsi bahkan ke tingkat nasional", imbaunya.

Bupati juga mengingatkan, agar jangan sampai berhenti di ajang ini saja. Namun bagaimana agar dapat terus belajar. Sehingga kemampuan yang dimiliki dapat bermanfaat bagi kehidupan.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kabupaten Pati, Heri Supriyono dalam laporannya mengatakan bahwa ajang ini diikuti oleh 21 kafilah dari 21 kecamatan se-Kabupaten Pati.

Adapun rincian masing - masing kecamatan ialah, MTQ pelajar sebanyak 16 orang, MTQ umum 12 orang dan official 3 orang. Sehingga jumlah seluruh peserta sebanyak 588 peserta dan 63 official.

"Acara ini bertujuan untuk memasyarakatkan, membudayakan membaca Al Qur" an sejak dini sehingga membaca Al Qur"an menjadi kebiasaan dan tradisi bagi masyarakat di Kabupaten Pati", ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, tujuannya adalah untuk meningkatkan semangat dalam memahami Al Qur"an, sehingga terbentuk karakter Islami sejak dini. (fn1/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar